Tips Dan Trik Daftar Kartu Prakerja Agar Mudah Diterima

Tips Dan Trik Daftar Kartu Prakerja Agar Mudah Diterima

Kartu Prakerja merupakan salah satu program pemerintah yang banyak diminati oleh masyarakat. Meskipun banyak kontroversi yang menyertainya,tapi buktinya sudah ada kurang lebih 8 juta pendaftar.

Pendaftaran "Kartu Pra-kerja" sudah dimulai sejak Sabtu 17 April 2020 lalu,dan sampai saat ini sudah sampai pada tahap pendaftaran gelombang ke 3.

Pada pendaftaran gelombang pertama,diutamakan masyarakat yang merupakan korban PHK,maupun yang sedang dirumahkan. Sebanyak 168.111 orang,lolos gelombang 1.


Pada gelombang ke 2,seleksi dilakukan kembali,termasuk untuk yang tidak lolos tahap 1,juga bisa ikut kembali. Hasilnya sebanyak 288.154 orang lolos dan berhak mengikuti pelatihan yang diminati.

Dari yang saya amati,banyak sekali keluhan dari masyarakat yang kesulitan dalam mendaftar kartu prakerja,apalagi untuk lolos. Untuk itu "Mojok Seru" akan membagikan tips dan trik jitu untuk memudahkan kamu lolos daftar "kartu pra-kerja". Baca sampai selesai yah.

Syarat Daftar Kartu Prakerja;

1. WNI
2. Usia minimal 18 tahun.
3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
 Maksudnya tidak sedang sekolah atau kuliah

Bagaimana Sih Daftar Kartu Prakerja

1. Kunjungi/klik aja situs kartu prakerja
2. Klik "Daftar Sekarang"
3. Masukkan alamat email dan pilih password yang mudah kamu ingat,lalu lihat pemberitahuan konfirmasi ulang yang dikirim via email,klik link yang dikirim
4. Verifikasi KTP dengan benar,Kalau sudah masukkan file foto yang di minta.
5. Isikan no hp kamu yang aktif,dan masukkan nomor verifikasi yang masuk
6. Isi pernyataan peserta sesuai kondisi kamu
7. Jika sudah terdaftar dengan sukses,baru kerjakan tes yang diberikan. Siapkan alat tulis untuk corat coret,karena ada hitungannya.

Tips Agar Mudah Daftar Dan Diterima Kartu Prakerja

1. Siapkan foto yang jelas

Foto KTP harus jelas kelihatan NIKnya dengan baik. Sebaiknya pakai kamera foto/HP dengan resolusi yang bagus. Pinjam kalau tidak punya.

2. Ukuran Foto Tidak Boleh Lebih Dari 2 MB

HP dengan kamera yang bagus menghasilkan foto dengan resolusi tinggi. Itu bagus,tapi biasanya ukuran filenya juga jadi lebih gede. Untuk itu kamu perlu cek ukuran dan compress foto kamu ke ukuran 2 MB atau kurang sedikit.

Banyak sekali tools maupun aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan ukuran foto. Silahkan cari di google dengan kata kunci "cara compress ukuran foto". Kalau pakai laptop,kamu bisa pakai "microsoft paint"

Caranya tinggal kamu buka file foto yang dimaksud.terus open pakai paint,klik resize. klik bagian pixels dan centang dulu kotak "maintain aspect ratio",biar kamu bisa isi angka dengan manual.

Kalau mau pakai aplikasi di android kamu juga bisa pilih beberapa aplikasi yang menurutmu gampang dipakai. contohnya : Photo Compress dan Resize. silahkan cari di google play store dan unduh dulu.


3. Pakai Alamat Email Dari Gmail Saja

Alamat email sebisa mungkin pakai saja yang gmail,karena kalau pakai yahoo mail atau yang lain,lama bahkan sulit dapat email konfirmasi .

4. Daftar Di Jam-jam Sepi (Bukan Jam Sibuk)

Banyaknya masyarakat yang berminat mendaftar kartu prakerja,membuat situs kadang loadingnya lama,untuk itu pilih jam-jam yang sekiranya sepi menurut kamu. Pagi hari,atau tengah malam,atau coba terus saja setiap waktu.

Cara Mengetahui Kamu Lulus Atau Tidak

Sebenarnya pemberitahuan tentang kelulusan katanya bisa melalui email maupun sms,namun ada juga yang tidak mendapatkan pemberitahuan,melalui cara tersebut. Maka sering-seringlah login ke  akun kartu prakerja Anda.

Bagaimana Setelah Lulus Kartu Pra-Kerja?

Kalau kamu lulus,kamu pasti dapat nomor kartu prakerja,dan kamu tinggal nunggu saldo masuk. Jika sudah ada angka 1 juta di saldo kamu,baru kamu bisa mulai pilih-pilih pelatihan yang kamu inginkan.

Bagaimana Jika Tidak Lulus Kartu Prakerja?

Bagi kamu yang belum lulus,kamu bisa ikutan gelombang selanjutnya. Ketika pengumuman keluar,perhatikan bagian pendaftaran gelombang.

Jika belum muncul,tunggu sampai muncul,itulah perlunya sering-sering login. Kalau sudah muncul, kamu tinggal klik lagi gelombang selanjutnya dan tunggu lagi hasil pengumumannya.

Berapa Lama Sih Pengumuman Hasil Tes Pra-kerja?

Jika sudah ikut tes sampai selesai,kamu tinggal nunggu tanggal periode gelombang yang kamu ikuti berakhir. Biasanya sehari atau dua hari setelah pendaftaran tahap yang Anda ikuti berakhir,langsung muncul hasil pengumumannya.

Ingat setiap kali login kembali centang bagian kotak "ingat saya" agar bisa masuk kembali. Sekali lagi sering-seringlah masuk ke akun prakerja Anda untuk mengetahui informasi yang diperlukan.

Berapa Uang Yang Didapat Dari Kartu Prakerja

Seperti yang sudah dijelaskan pemerintah,untuk setiap peserta "Kartu Pra-kerja" yang lolos,setiap orangnya akan dapat saldo satu juta rupiah untuk pelatihan. Ini tidak bisa ditarik. Entah kalau nanti ada perubahan aturan.


Setelah menyelesaikan pelatihan yang kamu pilih,kamu bisa mengisi survei dan dapat insentif 150 ribu. Dan kamu tentu saja berhak mendapatkan uang sebesar 600 ribu selama 4 bulan. Kedua uang tersebutlah yang bisa kamu tarik nantinya.




Subscribe to receive free email updates: