Sinopsis Dan Review Ending Serial Mouse Episode 20


Drama Korea bergenre misteri thriller Mouse yang dibintangi Lee Seung Gi (Jung Ba-Reum) dan Lee Hee Jun (Go Mu-Chi) akhirnya resmi tamat pada episode ke 20, hari Rabu Malam tanggal 19 Mei 2021.

Sebelum menayangkan akhir kisah sang psikopat predator "Jung Ba Reum" (Lee Seung Gi),Mouse menayangkan kembali dua episode spesial yakni Mouse Theatrical

Episode Mouse Theatrical sebenarnya hanya seperti rangkuman perjalanan kisah Jae-Hoon menjadi Jung Ba-Reum. Seorang anak yang lahir dengan gen psikopat yang kemudian menjadi tikus percobaan oleh organisasi hitam OZ.

Sedangkan pada episode Mouse ke 20,dapat disaksikan bagaimana kisah Jung Ba-Reum yang kini telah mempunyai sifat emosional karena transplantasi otak milik Sung Yo Han (Kwon Hwa Won ),berjuang untuk membersihkan nama Yo Han dan memenjarakan semua anggota OZ.


Sinopsis Ending Mouse Episode 20

Oh Bong-yi (Park Ju-Hyun) tersadar dan mendapati dirinya terkurung di gudang,setelah sebelumnya mencoba melabrak dan membunuh Jung Ba Reum, lelaki yang dicintainya yang ternyata sang predator  pembunuh neneknya.

Sementara itu seketaris presiden Choi Young Shin (Jung Ae-Ri) terkejut,mendapati Jung Ba Reum menyusup ke dalam rumahnya dan tengah duduk menunggunya. Jelas tujuannya menanyakan kebenaran tentang dirinya dan Sung Yo Han dan kenapa mereka berdua dijadikan tikus lab.

Choi Young Shin menjawab bahwa semua itu disebabkan karena ditolaknya RUU tentang pengguguran janin yang memiliki gen psikopat di masa lalu. Sehingga Ia dan unit operasi hitam ilegal bernama OZ yang dibentuknya di dalam BIN,mencoba membuktikan betapa berbahayanya anak yang punya gen psikopat.

Daniel Lee yang adiknya dibunuh oleh Head Hunter / Han Seo Joon ( Ahn Jae Wook ) akhirnya berhasil diyakinkan olehnya dan menyerahkan daftar nama ibu hamil yang memiliki calon bayi bergen psikopat,maka dari itulah Sung Yo-Han dan Jung Ba-Reum diawasi perkembangannya semenjak kecil oleh agen OZ.

Sementara itu Go Mu-Chi (Lee Hee-Jun ) yang juga sampai di villa tempat Choi Young Shin berada,berhasil masuk ke rumah dan melihat foto-foto tim OZ yang dikepalai seketaris presiden tersebut, juga beberapa bukti pembunuhan berantai.

Ia tak bertemu Jung Ba-Reum karena Ia berhasil kabur,namun Dia menemukan Choi Young Shin yang terikat di sebuah ruangan. Ia kemudian membawa dan menangkapnya,termasuk Daniel Lee.

Oh Bong Yi di gudang bertemu dengan ibu Kim (Kang Mal-Geum), anggota OZ yang berpura-pura jadi bibi Jung Ba-Reum. Ia mengatakan bahwa sang predatorlah yang sengaja mengurungnya di gudang,agar Ia tak jadikan sandra tim Oz, untuk mengancam dirinya.

Go Mu Chi yang mendatangi rumah Ba-Reum dan menemukan kuburan kucing. Ia juga mendapat telepon dari tim forensik bahwa potongan topeng Goat-Man yang ia temukan di rumah Jung Ba Reum,memang benar milik Han Kook si bocah yang diculik waktu itu.

Tentu saja itu membuat Go Mu-Chi mengutuk Jung Ba-Reum dengan penuh kemarahan, karena ternyata memang benar sang predator yang juga membunuh kakaknya adalah sahabatnya tersebut.

Bong Yi yang keluar dari gudang ternyata berhasil mencegat mobil Ba-Reum,mereka saling berhadapan,dan saling berkelahi. Jung Ba-Reum tidak mau gadis yang dicintainya berubah menjadi seorang pembunuh.

Ia terus memohon maaf dan minta Oh Bong Yi memberinya kesempatan kepadanya untuk menyerahkan diri. Akhirnya gadis itu urung membunuhnya,mengingat semua kenangan mereka. Ia pergi dengan mengumpat Jung Ba-Reum

Setelah Bong-Yi pergi datanglah Go Mu-Chi yang juga berniat menghabisinya. Lagi-lagi Jung Ba-Reum memohon untuk ditangkap saja,karena Ia tak mau Go Mu-Chi hancur hidupnya karena membunuhnya.

Tentu saja Go Mu Chi yang dipenuhi kemarahan tak sudi mendengarnya, Ia tetap mau menembak kepala Ba-Reum,namun kepalanya justru dipukul seseorang sehingga Ia pingsan. Yang memukulnya adalah Choi Hong Ju.

Saat tersadar dan berkendara, Ia melihat berita Jung Ba-Reum telah menyerahkan diri,sehingga membuatnya sangat marah dan mengamuk di kantor polisi. 

Ibu asli Jung Ba-Reum yakni istri Han Seo Joon yang bernama Sung Ji Eun ( Kim Jung Nan), menemui anaknya tersebut dan menceritakan semuanya. Bahwa Ia dan ibu Yohan menukar bayi mereka agar mereka tega membunuhnya saat anak mereka berubah jadi predator.

Intermeso: Tebakan saya yang pernah saya ungkapkan di akun twitter saya,ternyata sangat tepat. Silahkan lihat buktinya di sini. Hehehe.

Lanjut. Ibu Jung Ba-reum mengaku pernah mendatangi rumah Jung Ba-Reum dan memergoki Ia tengah berusaha mengubur adiknya. Jung Ba-Reum sangat kecewa pada ibunya,Ia mengatakan bahwa Ia tak pernah benar-benar ingin membunuh adiknya,dan Dia juga bukan pembunuh keluarganya. 

Proses persidangan Choi Young Shin melawan pengakuan dan kesaksian dari Daniel Lee dan Jung Ba-Reum ternyata tidak mudah, karena Ia mengelak dari semua tuduhan,dan mengatakan Ia tengah dijebak. Polisi hanya punya waktu 48 jam untuk menuntut dan menjadikannya tersangka.

Bibi palsu Jung Ba-Reum yang hendak mengadakan konferensi pers untuk membeberkan bukti keberadaan tim OZ pimpinan Choi Young-Shin mendadak hilang,membuat Ba-Reum memohon kepada Go Mu-Chi untuk menemukannya.

Lee Min Soo polisi yang juga anggota OZ ternyata juga menghilang. Sementara itu Choi Hong Ju memohon kepada Bong Yi untuk membantunya mengadakan siaran live.

Go Mu-Chi berhasil menemukan Lee Min Su bersama bibi Ba-Reum,ternyata polisi itu telah sadar dan berubah pikiran, Mereka akhirnya bersama-sama menuju stasiun TV untuk mengungkap kebenaran.

Bibi Ba-Reum palsu ternyata memiliki semua bukti akurat yang bisa dijadikan alasan untuk menuntut Choi Young Shin,karena dia diam-diam telah merekam pertemuan mereka saat rapat.

Choi Hong Ju juga berhasil membersihkan nama Sung Yo-Han dengan kesaksian tentang betapa baiknya dia terhadap Daniel Lee dan ibu korban pembunuhan lainnya. 

Namun diakhir acara Ia mengakui,bahwa Ialah yang bekerjasama dengan Daniel Lee untuk memanfaatkan Jung Ba-Reum guna membunuh predator lainnya.

Ia juga mengakui terlibat dalam pembunuhan seorang wanita 26 tahun lalu. Saat Ia masih kecil Ia dipaksa berpura-pura minta tolong,sehingga wanita itu dibunuh oleh Han Seo Joon. 

Ayahnya,detektif Park Do-Suk yang dulu menangkap Head Hunter (Han Seo Joon),akhirnya menyadari bahwa Ia adalah putrinya yang hilang,maka dengan penuh kesedihan dia sendiri yang menangkap putrinya Choi Hong Ju.

Di dalam penjara Jung Ba-Reum terus merasa kesakitan luar biasa efek dari operasi Han Seo Joon. Lewat akal bulusnya memprovokasi sipir penjara, yang juga temannya Ko Dong Koo,Ia berhasil meyakinkan sahabatnya itu untuk membuka penjara Han Seo Joon.

Ia berhasil menemui dan berhadapan dengan ayah kandungnya ini. Han Seo Joon menjanjikan untuk melarikan diri bersama,namun Jung Ba-Reum menjawabnya dengan menghabisinya dengan brutal.

Go Mu-Chi memutuskan untuk menemui Jung Ba-Reum yang semakin sekarat. Tentu saja Ia hanya mengatakan hal-hal buruk. Ba-Reum tetap minta maaf,juga memohon agar aset yang Ia punya digunakan untuk membantu keluarga korban-korbannya.

Ia juga memohon untuk bertemu dengan Oh Bong Yi karena merindukannya. Meski pertemuan itu tetap membuatnya dicaci maki dan penuh uraian airmata. Jung Ba-Reum berharap dikehidupan selanjutnya mereka dipertemukan saat Jung Ba-Reum terlahir normal.

Jung Ba-Reum akhirnya mati setelah Ia berhalusinasi bertemu dengan Jae Hoon ( Kim Kang Hoon ) ,yang sedang berdoa di gereja, memohon pada agar tak dijadikan monster. Ia memeluk diri kecilnya dan mengatakan bahwa doanya telah dikabulkan Tuhan.

Go Mu-Chi memutuskan untuk berjualan telur secara berkeliling demi menguliahkan Oh Bong Yi. Choi Hong Ju akhirnya keluar dari penjara di sambut ayah,ibu dan anaknya, namun Choi Yung Shin ternyata juga dapat grasi presiden.

Go Mu Chi bertemu dengan Choi Hong Ju dan merekapun sepakat bahwa mereka akan membayar dosa terhadap Sung Yo-Han seumur hidup mereka. Mungkin maksud mereka, meski masih saling menyukai tidak akan bersama,demi Sung Yo-Han.

Di akhir episode terdapat penampakan operasi transplantasi otak,namun kali ini yang menjalani adalah seorang perempuan. Siapa lagi pelaku dibalik kegiatan ini?


Review Ending Mouse Episode 20

Secara keseluruhan drama Mouse memang menguras emosi dan otak penonton. Terdapat terlalu banyak korban dan pelaku yang membuat kita bingung dan sulit memahami dengan baik  berbagai kasus yang dibicarakan ditiap episodenya.

Di Episode terakhirnya,baru kita bisa menyatukan banyak kepingan puzzle yang membuat kita pusing selama ini. Apalagi ditambah kehadiran episode spesial yang mendukung pemahaman terhadap teka-teki drama thriller ini.

Meski menurut saya,terlalu banyak episode spesial ditayangkan, padahal banyak pengulangan adegan dan epilog yang justru membuat agak lebay dan malas untuk menonton edisi khusus tersebut.

Drama thriller Mouse ini menyajikan plot cerita yang sangat menarik dan beda. Akting para cast sangat sempurna,tidak ada yang mengecewakan. Semua karakter sama menarik dan iconicnya.

Lee Hee Jun yang berperan sebagai Go Mu Chi,dan Kim Kang Hoon yang memerankan sosok predator kecil Jae Hoon / Jung Ba-Reum merupakan spot light tidak terduga,melampaui ekspektasi penonton. Tentu saja akting Lee Seung Gi juga sangat bagus seperti biasanya.

Melihat akhir dari drama Mouse dengan ending terbuka, sangat mungkin ada season selanjutnya. Karakter anak kecil perempuan yang menghibur Jae-Hoon kecil saat di sekolah itu juga misterius keberadaannya.





Subscribe to receive free email updates: