Sinopsis, Daftar Cast Dan Review Serial "Narco-Saints", Drama Korea Yang Membuat Pemerintah Suriname Meradang

Serial Original Netflix yang dibuat berdasarkan kisah nyata berjudul Narco-Saints atau Surinam, karya sutradara Yoon Jong-Bin, tayang sejak 9 September 2022, dalam jumlah 6 episode saja.

Drama bergenre action-kriminal ini dibintangi sederet aktor senior kenamaan Korea Selatan seperti; Ha Jung-Woo, Hwang Jung-Min, Park Hae-Soo, Jo Woo-Jin, dan Yoo Yeon-Seok.

Drama ini memang dibuat berdasarkan kejadian nyata, cerita penangkapan gembong narkoba asal Korea Selatan bernama Cho Bong-Haeng, yang melarikan diri ke Suriname dan membangun kerjaan bisnis haramnya di sana.

Saat itu badan intelejen Korsel yang bernama NIS dikabarkan bekerjasama dengan warga sipil yang merupakan seorang pengusaha, untuk menjebak dan menangkap sang bandar.


Pemerintah Suriname Marah Terhadap Serial "Narco-Saints"

Alasan pemerintah Suriname meradang terhadap serial Narco-Saints adalah, penggambaran tentang Suriname yang dianggap menyesatkan dan bisa berdampak citra buruk bagi negara mereka, karena tidak lagi relevan dengan kondisi  sekarang.

Kantor pusat Netflix di Amerika juga jadi sasaran protes pemeritah Suriname. Tak hanya itu sang produser Narco-Saints pun terancam akan di somasi oleh mereka.


Kedutaan Korea Selatan di Venezuela Memperingatkan Tentang Keselamatan Warga Korea di  Suriname

Buntut dari kontroversi serial Narco-Saints, ternyata juga menimbulkan kekhawatiran soal keselamatan warga Korea di Suriname. Untuk itu, kantor kedutaan Korsel terdekat di Venezuala, menganjurkan warganya untuk berhati-hati dan segera menghubungi mereka jika terjadi masalah.


Sinopsis Serial "Narco-Saints"

Kang In-Gu (Ha Jung-Woo) merupakan seorang pengusaha kecil, yang tergiur untuk mencoba bisnis ekspor ikan pari dari Suriname, ketika diajak teman karibnya Eung-Soo (Hyun BongSik). 

Menurut temannya, rakyat negara tersebut tak mengkonsumsi ikan berharga di Korea itu, sehingga mereka akan untung besar, karena bisa mendapatkan ikan pari secara cuma-cuma.

Suriname merupakan sebuah negara di benua Amerika Selatan yang punya penduduk multi-etnis. Berbatasan langsung dengan Colombia, yang dianggap lumbung narkoba terutama Kokain, maka tempat ini adalah surga bagi para bandar.

Berlatar tahun 1970-an, dalam serial Narco-Saints, Suriname digambarkan memiliki pemerintahan yang korup, dan masyarakat yang lekat dengan bisnis dan konsumsi narkoba.

Untuk itulah seorang bandar narkoba Korsel bernama Jeon Yo-Hwan (Hwang Jung-Min) memilih kabur ke negara tersebut, dan menjalankan bisnis haramnya dengan meyamar sebagai pendeta.

Kang In-Gu yang sedang mengalami masalah dengan para preman setempat, meminta bantuan pendeta Jeon yang dengan senang hati menyelesaikan masalahnya.

Pendeta palsu ini ternyata punya maksud tersembunyi, Ia memasukkan kokain ke dalam ikan pari yang diekspor Kang In-Gu dan temannya. Celakanya ketahuan oleh pihak berwenang dan membuat In-Gu di penjara, sementara temannya dibunuh orang-orang pendeta Jeon.

Seorang agen mata-mata Korea The National Intelegent Service (NIS ) bernama Choi Chang-Ho (Park Hae-Soo) menemui In-Gu di penjara dan mengajaknya bekerjasama dengan imbalan uang, guna menyusup ke organisasi narkoba Pendeta Jeon. Tak punya pilihan lain, Ia pun bersedia.

NIS ternyata sudah lama mengejar bandar Jeon, namun sulit menangkapnya karena Korea Selatan tidak punya kerjasama dengan Suriname. Tugas mereka berdua adalah memancing pendeta Jeon tertangkap di Amerika, sehingga DEA (The Drugs Enforcement Administrastration = agen Amerika khusus ngurusin Drugs) dan NIS bisa menyergapnya.


Daftar Cast Narco-Saints / Surinam

1. Ha Jung-Woo - Kang In-Gu

2. Hwang Jung-Min -  Pendeta Jeon Yo-Hwan (bandar narkoba)

3. Park Hae-Soo - Agen NIS Cho Chang-Ho

4. Jo Woo-Jin - Byun Ki-Tae (tangan kanan Jeon)

5. Yoo Yeon-Seok - David Park (anak buah Jeon)

6. Kim Min-Gwi (anak buah pendeta Jeon)

7. Chang Chen - Chen-Zhen (bandar sabu)

8. Hyun Bong-Sik - Park Eung-Soo (sahabat Kang In-Gu)

9. Cho Ja-Hyun - Hye-Jin (istri Kang In-Gu)

10. Song Young-Kyu - Park Jong-Su (agen NIS atasan Chang-Ho)

11. Lee Bong-Ryun - Suster Jung (pengikut gereja pendeta Jeon)

12. Chidi Ajufo - Gallas (pengawal pendeta Jeon)


Review Drakor Narco-Saints

Serial ini memang dibuat berdasar kisah nyata dengan tambahan drama untuk menambah ketegangan plot cerita, dan itu memang berhasil.

Akting para aktor senior Korea yang membintangi Narco-Saints memang tak perlu diragukan lagi, apalagi akting ciamik Hwang Jung-Min sebagai bandar dan pendeta palsu, dan Jo Woo-Jin sebagai anggota geng yang kejam.


Subscribe to receive free email updates: