Sinopsis,Penjelasan Dan Review Ending Sisyphus The Myth Episode 16

Serial Sisyphus The Myth tayang di Netflix yang dibintangi oleh Cho Seung woo sebagai Han Tae Sul dan Park Shin Hye sebagai Gang Seo Hae,telah tamat di episode 16 semalam 8 April 2021.

Setelah drama ini selesai,netizen malah bingung dan mulai mempertanyakan apakah Sisyphus The Myth bisa dikatakan berakhir happy,sad atau open ending? Sebelumnya mari kita simak Sinopsis lengkapnya.


Sinopsis Ending Sisyphus The Myth Episode 16

Pada Episode terakhirnya,cerita Sisyphus The Myth diawali dengan niat pemilik Asia Mart "Park Hyung Do" (Sung Dong Il) yang pergi ke Apartemen untuk membunuh dirinya,seorang suami pengangguran yang hobi memukuli istrinya.

Niatnya dicegah "Bing Bing" (Lee See Woo) anak buahnya. Awalnya dia tak mau mendengarkan sampai anak itu memanggilnya Appa. Ternyata dialah putri dari masa depan yang ditunggunya.

Gang Seo Hae dan Han Tae Sul yang sedang menghadapi situasi genting berhasil meloloskan diri berkat masa depan yang ternyata berubah. 

Pengawal Zigma alias biro kontrol menghilang dan saat Sigma berusaha mencekik Gang Seo Hae,Ia gagal karena perlahan tubuhnya mulai berkedip tanda eksistensinya juga akan musnah. Bahkan dia mendapat tembakan dari masa depan yang menewaskannya.

Gang Seo Hae dan Han Tae Sul pergi ke pengunggah,mereka menaiki mesin waktu dengan bantuan tim Asia Mart. Mereka akan menyempurnakan rekayasa perjalanan waktu dan bagaimana mereka mengalahkan Zigma.

Lewat misi itu diketahui Han Tae Sul berhasil mencegah kematian Choi Jae Sun (Chae Jong Hyeop) si pemenang lotre,dengan memberikannya rompi anti peluru. Mereka berwncana pergi ke gereja untuk menembak Zigma dari masa depan.

Ayah Gang Seo Hae mencari Seo Gil Bok alias Zigma,sesuai permintaan mereka berdua. Ternyata Ia sedang meringkuk kedinginan di taman. Bapak Seo Hae memberikan jaket.

Saat itulah Sigma tahun 2020 yang sedang mengancam di gereja mulai kehilangan eksistensinya dan ditembak hingga tewas oleh Gang seo Hae dan Han Tae Sul dari masa depan. Ia lalu menghilang.

Saat Gang Seo Hae dan Han Tae Sul sedang berpelukan haru karena keberhasilannya,datanglah Eddie Kim yang langsung menembak Seo Hae di perut persis seperti takdir yang terjadi.

Eddie Kim merasa Han Tae Sul telah merebut segalanya darinya,termasuk hati Kim Seo Jin (Jung Hye In) meski dia sudah merendah dan melayani Tae Sul selama ini. Ia minta dibuatkan kode pengunggah untuk mengulang waktu. 

Han Tae Sul yang tak punya pilihan lain mulai melakukannya,namun begitu Ia menyerahkan laptop,Ia memungut pistol di dekatnya dan menembak kepalanya. Ia berkata ternyata memang itulah solusi satu-satunya untuk menghentikan perang.

Di episode 13 pengawal Han Tae Sul dari masa depan pernah bertanya,apakah dia akan berusaha merubah masa depan,meskipun harus mati? Dan dengan benda yang diberikan,yang membuatnya bisa melihat masa depan,pasti dia sudah tahu,bahwa solusi satu-satunya menghentikan perang adalah dialah yang harus mati.

Begitu Han Tae Sul meledakkan kepalanya misil nuklir yang tadinya meluncur di langit pun menghilang. Tim Asia Mart bergandengan tangan sebelum lenyap. Han Tae San kakak Han Tae Sul tersadar di ruangannya dengan muka sedih. 

Sementara itu di gereja Gang Seo Hae memeluk Han Tae Sul. Dia berjanji akan menemukannya lagi. Ia pun kemudian menghilang. Sementara Eddie Kim terduduk lesu di depan jasad sahabatnya.

Han Tae Sul membuka mata dan berada di pesawat persis seperti episode 1,namun kali ini yang ada disampingnya adalah Gang Seo Hae,bukan Han Tae San. Ia kebingungan. Pramugari memberikannya air,dia hendak meminum obat namun Ia batalkan dan memilih bersandar pada pacarnya

Zigma muda sedang berada di taman dan melukis seorang anak. Ternyata Ia memutuskan jadi pelukis jalanan. Ia kembali ke rumahnya dan membaca buku catatan dari masa depan. Ia melihat foto Han Tae Sul dan menirukan gayanya di majalah.


Penjelasan Dan Review Ending Sisyphus The Myth

Saya sudah membaca banyak review dan teori ending Sisyphus The Myth dan saya sepakat dengan beberapa pendapat. Bahwa drama ini berakhir sad ending atau bisa juga open ending.

Kenapa Sad Ending?

Saat Han Tae Sul meledakkan kepalanya,maka dia otomatis mati di tahun 2020. Jadi tidak mungkin ada  di masa depan dan bertemu Gang Seo Hae,karena ditahun 2020 Seo Hae adalah anak kecil. Bagaimana dengan adegan di pesawat.

Adegan di pesawat itu terlihat Han Tae Sul tersadar dan saat Ia melihat Seo Hae disampingnya Ia terlihat bingung lalu hendak meminum obat,meski kemudian membuangnya. Pada episode pertama yang duduk adalah Han Tae San dan dia tahu dia sedang halu.

Jadi,kemungkinan itu hanya halusinasi arwah Tae Sul,apalagi pas pengambilan gambar long shot,kursi-kursi di pesawat yang sebelumnya penuh dan ramai tampak kosong. 

Kenapa Bisa Open Ending?

Alasannya,Kembali saat sebelum Han Tae Sul menembak kepalanya,Ia berpesan agar Gang Seo Hae mencari dan menemukannya lebih awal.

Jadi kemungkinan adegan di pesawat itu kembali ke episode pertama,dengan pertemuan mereka lebih awal. Ingat judul drama ini adalah Sisyphus The Myth. Sisyphus dihukum untuk terus mengulang hukuman memanggul batu besar,yang jika terjatuh Ia harus mendorong kembali ke atas.

Lalu bagaimana kemungkinan drakor ini open lagi ceritanya? Ingat Eddie Kim bisa saja mengulang kejadian karena menyesali perbuatannya dan hendak menebusnya,sehingga tetap memfungsikan pengunggah.


Review Sisyphus The Myth

Sebenarnya tidak terlalu mengherankan jika ending drama ini akan membingungkan seperti ini. Tema "Time Loop" dan keberadaan Gang Seo Hae yang datang dari masa depan,sudah sangat tidak masuk akal jika mereka bisa bersatu dalam kehidupan normal.

Drama Sisyphus The Myth seru untuk diikuti,cuman memang harus bersabar mengikuti kepingan demi kepingan cerita dan kadang adegan yang diulang terlalu lama dan membuat kita agak bosan.

Pemilihan pemain drama ini menurut saya sangat pas untuk semua karakter,sampai ke pemain anak-anaknya. Baik dari akting maupun wajahnya. Sangat sempurna dan berhasil.



Subscribe to receive free email updates: