Penemu Antivirus John Mc Afee Tewas Gantung Diri Di Penjara, Ini Dia Perjalanan Kasus Yang Menjeratnya

deretan-kasus-john-mc-afee-penemu-virus-yang-bunuh-diri-di-penjara

John Mc AFee penemu software antivirus ternama "McAfee" diberitakan tewas gantung diri di sel penjaranya di Barcelona, Spanyol pada hari Rabu 23 Juni 2021.

Kejadian ini terjadi hanya berselang beberapa jam setelah pengadilan setempat menyetujui proses ekstradisi Mc Afee ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuntutan atas penggelapan pajak, pencucian uang dan penipuan cryptocurrency.

Software "McAfee" sendiri telah dijual ke perusahaan Intel pada tahun 2011, dan John McAfee dinyatakan tidak lagi terlibat dalam pengembangan software antivirus tersebut.


Perjalanan Kasus dan Pelarian McAfee

Pada tahun 2012 "John McAfee" melarikan diri setelah dituduh terlibat pembunuhan atas tetangganya di Belize, Amerika Tengah. Saat hendak diinterogasi dia malah kabur.

Namun ternyata McAfee dinyatakan tidak terlibat dalam pembunuhan tersebut, meski misteri kematian tetangganya belum terpecahkan. 

Setelah bersembunyi selama sebulan, McAfee ditemukan tinggal bersama seorang gadis berusia 17 tahun di rumahnya yang memiliki gudang senjata api ilegal.

Pada Oktober tahun 2020, John Mc Afee dituduh melakukan penggelapan pajak dan melakukan pencucian uang juga penipuan cryptocurrency.

Ia melakukan apa yang disebut sebagai Skema Scalping, yaitu tindakan memborong mata uang crypto dalam jumlah yang besar saat market merah, lalu menjualnya dalam waktu singkat saat harganya naik.

Ia menggunakan akun twitternya yang memiliki jutaan followers untuk memuluskan aksinya. Tak hanya itu, Ia juga melakukan promosi tweet berbayar untuk koin yang Ia promosikan, salah satunya adalah ICO

Pendapatan besarnya dari crptocurrency tersebut bahkan tidak Ia laporkan, dan tentu saja itu melanggar hukum federal negeri paman sam.

John McAfee harus menghadapi tuntutan hukum hingga 100 tahun atas tindakan penggelapan pajak, pencucian uang dan  penipuan cryptocurrency di pengadilan negeri Tennese, Amerika Serikat.

Pada tahun 2019, Ia kemudian meninggalkan Amerika Serikat untuk menghindari persidangan dan tuntutan. John McAfee ditangkap pada tanggal 3 Oktober 2020, di bandara Barcelona, saat hendak pergi ke Turki.

Setelah 9 bulan menghabiskan waktu di penjara Barcelona itulah, Ia diduga memutuskan untuk gantung diri, karena tidak mau diekstradisi ke Amerika Serikat dan menghadapi tuntutan hukumnya.




Subscribe to receive free email updates: