Film Disney "The Lion King" Dituduh Menjiplak Karya Animasi Jepang "Kimba The White Lion",Benarkah?

Film remake Disney "The Lion King",telah beredar di bioskop Indonesia sejak beberapa hari lalu. Meskipun review dari kritikus film dan beberapa penonton tidak begitu bagus,nyatanya film ini tetap laris di pasaran,terlebih di Indonesia.

The Lion King merupakan film klasik "Disney" yang di buat ulang untuk memperingati 25 tahun sejak pertama kali tayang,yakni tahun 1994. Namun dibalik kesuksesan film remake ini,ternyata ada tuduhan bahwa Film Disney The Lion King adalah karya jiplakan sejak awal.

Isu ini beredar sejak beberapa hari ini dan telah menjadi perbincangan netizen. Kebanyakan menyertakan sumber sebuah video youtube yang  menggunggah fakta-fakta tudingan penjiplakan ini. Berdasarkan video unggahan tersebut,sepertinya tudingan tersebut seperti tak terbantahkan saking miripnya.

Video berjudul "The Original Story The Kimba Versus Simba Controversy" ini berdurasi 9:37' dan diunggah oleh akun youtube Alli Kat. Video ini telah di tonton hampir 2 juta kali dengan like 72 ribu dan telah mendapatkan komen lebih dari 12 ribu orang.


Dalam video tersebut dijelaskan bahwa Kimba The White Lion atau  dikenal juga sebagai "The King Of The Jungle" adalah karya komikus Jepang bernama"Osamu Tezuka" yang diterbitkan tahun 1950. Pada tahun 1964 serial animasinya mulai ditayangkan di televisi dan Kimba meraih puncak popularitasnya di Jepang.

Kimba dijadikan maskot salah satu tim baseball Jepang dan gambarnya menghiasi sejumlah produk di Jepang. Osamu Tezuka selain menciptakan "Kimba The White Lion" juga terkenal di dunia dengan karya animasinya "Astro Boy". Dia dijuluki "Walt Disney"nya Jepang

Kimba The White Lion menceritakan tentang seekor singa putih yatim piatu yang berjuang untuk merebut kembali kerajaannya yang merupakan warisan dari almarhum ayahnya. Puncak kepopuleran Kimba di raih dari tahun 1950 sampai 1980.

Osamu Tezuka meninggal pada tahun 1989. Dan baru pada tahun 1994 Disney memproduksi  "The Lion King" yang ceritanya sangat mirip dengan Kimba The White Lion karya Osamu Tezuka.

Pihak Disney Membantah Tudingan Bahwa "The Lion King" Merupakan Karya Jiplakan Dari Komikus Jepang

Meskipun setiap detail cerita Kimba The White Lion dengan The Lion King sangat mirip,namun pihak Disney membantah tudingan penjiplakan tersebut. Mereka mengatakan jika The Lion King adalah produk atau karya asli mereka dan sukses besar.

Berbeda dengan Cinderella,Aladdin,Putri Salju dan sejenisnya yang merupakan karya adaptasi dari dongeng atau cerita rakyat,The Lion King di klaim sebagai produk original departemen animasi mereka. Pihak Disney juga mengaku tak kenal dengan komikus Osamu Tezuka pada saat menerbitkan "The Lion King". Benarkah demikian Ferguso?"


Pihak Tim Osamu Tezuka malas menempuh jalur hukum karena mereka tidak cukup punya dana untuk melawan pihak Disney pada saat itu. Anehnya meski membantah tindakan penjiplakan karya tersebut,ada beberapa bukti bahwa sebenarnya Disney tahu tentang cerita "Kimba The Lion King". Selengkapnya lihat di video berikut ini.




Subscribe to receive free email updates: