Rekomendasi Film: The Last Duel Dibintangi Matt Damon dan Adam Driver

The Last Duel adalah film bergenre drama sejarah yang dibuat berdasarkan buku "The Last Duel: A True Story Of Trial By Combat In Medieval France" karya Eric Jager dan merupakan sebuah kisah nyata.

Produser sekaigus penulis skenario film ini adalah aktor-aktor kenamaan yaitu: Ben Affleck. Matt Damon dan Nicole Holofcener, yang juga ikut berakting dalam "The Last Duel" 

Film ini tayang pertama kali di "Festival Film Venesia" September tahun 2021, dan sebulan kemudian, tepatnya 15 Oktober 2021 baru tayang di Amerika dan beberapa negara di dunia.


Daftar Cast Utama Film The Last Duel

1. Matt Damon sebagai Jean De Carrouges

2. Adam Driver sebagai Jacques Le Gris

3. Jodie Comer sebagai Marguerite de Carrouges

4. Ben Affleck sebagai Pierre d'Allencon


Sinopsis Film "The Last Duel"

Film The Last Duel bersetting abad 14 di Perancis. Jean De Carrouges (Matt Damon) dan Jacques Le Gris (Adam Driver) adalah dua sahabat, para kesatria bawahan Pierre d'Allencon (Ben Affleck).

De Carrouges selalu berada di garis depan dalam setiap peperangan, dan mau melakukan apa saja yang diperintahkan karena dia sedang mengalami kebangkrutan dan butuh banyak uang.

Meskipun demikian yang banyak mendapatkan keuntugan bahkan jabatan yang seharusnya miliknya, adalah Le Gris, karena dia pintar menjilat ke raja Pierre d'Allencon.

Namun masalah yang paling berat yang menimpa De Carrouges adalah ketika istrinya Margueritte (Jodie Comer), mengaku diperkosa sahabatnya si durjana Le Gris itu.

Le Gris memang terkenal tampan dan banyak digilai wanita, dan hal itu membuatnya besar kepala. Ia jatuh hati pada istri  sahabatnya yang cantik, dan merasa bahwa Margueritte juga menaruh perasaan yang sama.

Suatu hari  saat sahabatnya pergi berperang, dan mertua serta pengasuhnya pergi, Ia mendatangi rumah sahabatnya dan memperkosa istrnya si Margueritte.

Margueritte yang merasa terhina dan dilecehkan berani speak-up pada suami dan semua orang, meskipun mertua bahkan sahabatnya sendiri menentangnya.

Sayangnya pada abad ke 14 pembuktian kasus perkosaan di Perancis harus dilakukan dengan duel sampai mati antara suaminya dan si tersangka Le Gris. Dan yang mati sudah pasti dianggap bersalah.

Konsekuensi mengerikan juga menanti Margueritte, jika suaminya kalah dan mati, dia harus dibotakin kepalanya, ditelanjangi kemudian dibakar hidup-hidup karena dianggap membuat tuduhan palsu.


Review Film "The Last Duel"

Film ini memiliki 3 babak, dan pada tiap bagian kadang megulang adegan babak sebelumnya, untuk menjelaskan cerita selanjutnya, tapi porsinya tidak terlalu mengganggu menurut saya.

Film "The Last Duel" meskipun banyak adegan perang, namun memiliki cerita kuat soal isu perjuangan wanita alias feminisme. Margueritte berani speak-up soal perkosaan yang menimpanya meskipun perempuan-perempuan terdekatnya, tidak ada yang mendukungnya.

Dikisahkan dia juga sangat pandai mengelola harta suaminya. karena bisa jadi pengusaha sukses dan menjadi wanita yang dihormati di wilayah mereka. Jodie Comer berakting dengan sangat baik, sehingga mampu menggambarkan penderitaan dan perjuangan hidupnya sebagai istri terhormat.


Subscribe to receive free email updates: