Sinopsis, Review dan Penjelasan Ending Film Korea 2037

2037 atau judul lainnya On My Way Home adalah film korea bergenre drama tragedi karya sutradara Mo Hong-Jin dan tayang di Korea Selatan  tanggal 8 Juni 2022 lalu.

Film banjir air mata ini bintang utamanya aktris muda Hong Ye-ji. Cast lainnya adalah Kim Ji Young, Shin Eun-Jung, Jeon So-Min (Running Man) dan masih banyak lagi.


Sinopsis Film 2037

2037 adalah nomor tahanan seorang perempuan muda berusia 19 tahun yang dipenjara karena telah membunuh pemerkosanya dengan sadis. Gadis itu bernama Yoon Young (Hong Ye-Ji). Ia adalah putri tunggal Kyun Sook seorang ibu tuna rungu dan pengidap asma.

Setelah kematian ayahnya, Yoon Young memutuskan untuk berhenti sekolah dan bekerja penuh waktu, tanpa sepengetahuan ibunya, padahal dia adalah murid yang sangat pintar.

Sebenarnya Ia tak putus asa, dan sibuk mempersiapkan untuk ujian pegawai negeri, karena ternyata di Korea tidak lulus SMU pun, tetap bisa mengikuti tes CPNS.

Sang ibu yang sudah sehat, kembali bekerja sebagai penjahit. Yun Young sering menjemput ibunya. Atasan Kyung Sook (Kim Ji-Young) terpikat oleh kecantikan putrinya. Jahatnya, Dia kemudian memperkosa gadis itu.

Tak sampai di situ, saat mendengar teriakan ibu Youn Young dari kejauhan karena mencari-cari putrinya yang tak kunjung pulang, Ia pun mengutarakan niatnya untuk memperkosa Kyun Sook juga.

Mendengar hal tersebut, Yoon Young dengan sisa-sisa kekuatannya, mengambil batu dan memukul kepala sang pemerkosa dari belakang, sampai mati dan otaknya hancur.

Mengingat usia Yoon Young yang tidak lagi di bawah umur dan tak lagi berstatus sebagai pelajar, ditambah lagi pelaku mati dengan kondisi mengenaskan, sehingga tidak bisa membuktikan tindak perkosaan, Yoon Young tetap dikenai hukuman 5 tahun penjara.

Tadinya Ia mencoba menerima putusan itu dan akan sabar menunggu bebas dan pulang ke pelukan ibunya lagi. Dia akan menganggapnya peristiwa yang menimpanya hanya sebagai mimpi buruk saja.

Sayangnya cobaan beratnya tidak berhenti di situ, tindak perkosaan yang menimpanya telah membuatnya hamil, bahkan sudah berusia 6 bulan. Tentu saja itu menghancurkan hatinya.

Ia kemudian memutuskan menolak kunjungan ibunya karena tidak mau dia shock bersedih dan sakit. Teman-teman satu selnya yang baik hati terus berusaha menghiburnya, bahkan para sipir penjara, namun keputusan tragis tetap Ia pilih.


Review Ending Film 2037

Memang film drama tragedi 2037 ini memilih open ending dalam mengakhiri kisah sedih Yoon Young, namun sebenarnya ada beberapa petunjuk kecil yang mengerucut ke satu kesimpulan.

Apakah Yoon Young dan bayinya selamat dari percobaan bunuh diri yang dilakukannya? 

Jawaban jelasnya adalah dia koma, namun bayinya selamat, kemudian diadopsi oleh teman satu sel nya Jang Mi yang telah bertemu dengan pria baik dan menikah.

Namun pada scene saat ibu Yoon Young berlari keluar dan kembali membawa pizza buatnya, dia mendekati putrinya yang koma dan berkata maaf. Ia berharap di kehidupan mendatang anaknya menjalani kehidupan normal seperti gadis lain seusianya.

Mungkin Kyun Sook ibunya memutuskan untuk mengakhiri penderitaan putrinya dengan mencabut alat medis penyokong hidup Yoon Young, kemudian Ia juga bunuh diri, tapi bisa juga tidak.

Kalau soal tanda pengenal tes CPNS itu, menurut saya itu adalah skenario hayalan ibunya jika saja putrinya tidak mengalami tindak perkosaan atau itu adalah kehidupan di masa depan mereka berdua. Kemungkinan lain, bisa saja itu milik Boni bayinya ketika dewasa.

Secara keseluruhan film yang tadinya dianggap vibes-nya akan mirip cerita Miracle In Cell No 7 ini bagus, memiliki plot cerita tragis tapi mudah diikuti.

Sayangnya endingnya sepertinya terlalu tanggung antara dibuat open ending atau sad ending, dan membuat sentuhan terakhirnya malah agak sedikit mengurangi kesempurnaan plot ceritanya.


Daftar Cast Film 2037

1. Hong Ye-Ji - Youn Young
2. Kim Ji-Young - Ibu Youn Young Kyun Sook
3. Jeon So-Min - Jang Mi (Napi satu sel yang cantik)
4. Shin Eun Jung - Seon Su (Napi teladan)
5. Hwang Seok-Jeong - Lira (napi mantan germo yang perhatian)
6. Kim Mi-Hwa - Soon-Je (ketua sel napi hukuman mati yang baik hati)
7. Yoon Mi-Kyung - (Tahanan temperamental)



Subscribe to receive free email updates: