Pengertian Dan Perbedaan Penggunaan istilah film Box Office dan Film Blockbuster

Film-film hollywood yang sukses di pasaran dunia biasanya diberi label istilah film box office atau film blockbuster. Kedua istilah ini digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kesuksesan sebuah film. Bagaimana penerapannya?

Pengertian Istilah Film Box Office Dan Film  Blockbuster


Film Blockbuster adalah film yang mencapai tingkat kesuksesan paling tinggi,karena baik dari segi penjualan tiket,pendapatan secara global jauh diatas biaya produksinya. Selain itu film blockbuster juga sangat populer di seluruh dunia.

Film Box Office adalah film yang mencapai keuntungan karena pendapatan mereka melampaui biaya produksinya.

Perbedaan Antara Film Box Office Dan Film Blockbuster

Istilah film  Box Office otomatis disematkan pada film yang telah mencapai keuntungan karena jumlah pendapatannya melampaui biaya produksi,namun film box office tentu saja tidak bisa begitu saja mendapatkan gelar film blockbuster. 

Jadi kriteria film yang masuk kategori blockbuster memang harus lebih tinggi dari film box office,baik dari segi penjualan tiket,pendapatan global serta tingkat terkenalnya di masyarakat dunia.

Contoh film-film yang masuk kategori film blockbuster adalah film Avengers Endgame yang tayang tahun 2019 dan film Avatar yang rilis tahun 2009.

Pendapatan film Avengers Endgame resmi mengalahkan pendapatan Avatar ketika menyentuh angka pendapatan sejumlah 2,7902 miliar dolar,sedangkan Avatar mengantongi pendapatan sebanyak 2,7897 miliar dolar.

Soal kepopuleran kedua film ini,tak perlu dipertanyakan lagi. Semua seri film MCU memang akrab di telinga para penikmat film,sedangkan film Avatar menduduki puncak tahta film terlaris selama 10 tahun lebih dan baru bisa digeser Avengers Endgame tahun ini,tentu saja semua pecinta film tahu film iconic tersebut.

Selain dua film tersebut,film Titanic yang tayang tahun 1997 dan film Star Wars : The Force Awakens yang rilis tahun 2015 juga pantas di sebut film blockbuster. Titanic mengantongi pendapatan sebesar 2,187  miliar dan pernah mendapatkan gelar film terlaris selama satu dekade juga.

Titanic juga mendapatkan sejumlah piala Oscar,tidak cuman satu,tapi sebelas piala Oscar pada acara Academy Awards tahun 1998. Sebelas Piala Oscar tersebut diantaranya : Best Picture,Best Director,Best Cinematography,Best Sound,Best Costume,Best Art Direction-Set Direction,Best Film Editing,Best Effects-Sound Effects Editing,Best Effects-Visual Effects,Best Music Original Song,Best Music Original Dramatic Song,Best Actress In A Leading Role,Best Actress In A Supporting Role,dan Best Makeup.


Bagaimana dengan Film Avatar? Avatar juga mendapatkan piala Oscar pada ajang perhelatan Academy Awards Tahun 2010. Film ini memenangkan 3 piala Oscar untuk kategori Best Achievement In Cinematography,Best Achievement In Visual Effects dan Best Achievement In Art Direction.







Subscribe to receive free email updates: