Pengertian Dan Perbedaan Istilah Film Reboot dan Film Remake

Pengertian Dan Perbedaan Istilah Film Reboot dan  Film Remake

Belakangan ini banyak sekali film-film hollywood yang beredar dan diberi label film remake dan film reboot. Banyak yang paham dengan istilah ini,namun kadang banyak juga yang tertukar dalam penggunaannya.

Apa Sih Sebenarnya Film Reboot Dan Film Remake Itu?

Film Remake adalah film yang dibuat ulang berdasarkan film lama. Jalan cerita,karakter dan endingnya dibuat sama atau tidak jauh beda.

Film Reboot adalah film yang dibuat berdasarkan film yang sudah  ada atau film lama,inti ceritanya sama,tapi jalan cerita,penokohan atau karakter bisa beda dan endingnya bisa dibuat sama sekali berbeda.

Contoh Film Remake Dan Film Reboot Yang Sukses

Film Remake memang biasanya dibuat karena kesuksesan film aslinya,sehingga dibuat ulang untuk konsumsi penonton yang lebih luas dan diharapkan bisa menyaingi atau setidaknya menyamai kesuksesan film aslinya.

Dari dunia animasi kita baru saja melihat film animasi remake The Lion King 2019,yang dibuat berdasarkan film klasik Disney berjudul sama yang dibuat tahun 1994.

Contoh lain film remake yang sukses adalah film india berjudul "Badla". Film Badla  merupakan film yang dibuat berdasarkan film berbahasa Spanyol berjudul The Invisible Guest. Film Badla juga meraih sukses besar terutama di India.


Film Reboot juga dibuat untuk  mengulang kesuksesan film aslinya,namun dengan cerita,karakter dan ending yang berbeda,diharapkan penonton tidak bosan,sehingga bisa mendapatkan suasana dan pengalaman menonton yang baru.

Contoh film Reboot adalah film The Amazing Spiderman yang dibintangi oleh Andrew Garfield.  Film superhero ini dibuat berbeda dengan cerita Spiderman versi Tobey Maguire. Film animasinya yakni Spiderman-Into The Spider-verse juga tergolong film reboot yang sukses hingga diganjar piala Oscar sebagai film animasi terbaik tahun 2019.

Film misteri kriminal "Evaru" juga tergolong film reboot menurut saya,karena berbeda dengan Badla,film Evaru dibuat dengan karakter berbeda dan jalan ceritanya juga sedikit berbeda.

Film horor The  Grudge 2020 yang akan tayang tahun depan,juga merupakan film reboot yang dibuat berdasarkan film The Grudge tahun 2004.

Nah itu tadi penjelasan singkat tentang istilah film reboot dan film remake,semoga tidak membuat kalian bingung.

Subscribe to receive free email updates: