Daftar 5 Film Bong Joon-Ho Dengan Cerita Dan Plot Twistnya Mind Blowing

Sutradara kenamaan Korea Selatan,Bong Joon Ho memang telah sukses mengantarkan "Parasite" meraih 4 Oscar di Academy Awards 2020 lalu.

Film Parasite berhasil memenangkan penghargaan 4 piala Oscar,untuk kategori Best Picture,Best International Feature Film,Best Director dan Best Original Screenplay. Sungguh luar biasa.

Pencapaian Parasite sebagai film berbahasa non Inggris yang spektakuler di ajang piala Oscar ini,baru pertama kali terjadi,nama Bong Joon-Ho langsung jadi topik perbincangan yang viral di mana-mana.

Popularitas Bong Joon Ho yang meningkat,membuat orang jadi mencari-cari karya-karya film terbaiknya yang lain. Film-film Bong Joon-Ho memang punya style tersendiri,ciri khasnya adalah plot twist yang mind blowing dan isu-isu sosial,lingkungan dan politik yang mengena.

Daftar Film Bong Joon-Ho Yang Mind Blowing.

1. The Host / Gwoemul (2006)


Film ini menceritakan tentang serangan monster mutan sungai yang menyebabkan sebuah keluarga harus bekerja sama menyelamatkan anak perempuan dari keluarga tersebut yang di bawa monster dan ternyata masih hidup.

Yang menarik dari film ini adalah keunikan dari masing-masing anggota keluarga tersebut,ditambah isu sosial,lingkungan,politik dan virus yang nyentil banget. Pokoknya seru.

Film The Host dibintangi oleh aktor Song Kang Ho sebagai ayah dari gadis yang di bawa monster,Bae Doona yang main di serial "Kingdom",berperan sebagai atlet panah,anggota keluarga tersebut.

2. Mother (2009)


Film ini plot twistnya benar-benar Mind Blowing. Film Mother dibintangi oleh Won Bin yang berperan sebagai anak ber IQ rendah bernama Do-joon dan ibunya diperankan oleh Kim Hye Ja.

Ceritanya Do Joon ini ingin bertemu temannya di sebuah tempat,namun temannya tidak datang dan ia mabuk berat. Dalam perjalanan pulang Doo Joon mengikuti seorang pelajar dan menggodanya.

Keesokan harinya siswi tersebut ditemukan tewas dan mayatnya berada di atap sebuah bangunan kosong. Tentu saja Do-Joon langsung dituduh membunuh dan di penjara.

Ibunya yang hanya memiliki Do Joon seorang,pontang panting mencari pengacara dan berusaha mendapatkan bukti,karena ia yakin anaknya tidak bersalah. Tapi benarkah begitu?

3. Snowpiercer (2013)


Film ini benar-benar bagus dan gila ide ceritanya,definisi mind blowing yang sebenarnya. Film ini dibintangi oleh aktor kenamaan hollywood Chris Evan.

Meski Bong Joon Ho kemarin diledek karena berpidato pakai bahasa Korea pada saat menerima Oscar,tapi inilah film berbahasa Inggris miliknya yang keren.

Snowpiercer menceritakan tentang sebuah kereta yang komplit,berisi berbagai macam keperluan hidup manusia,bahkan kebun buah dan ikan ada dalam rangkaian gerbong tersebut.

Kereta tersebut berisi manusia bumi yang tersisa akibat bencana suhu ekstrim yang terjadi akibat ulah manusia. Bumi tak lagi bisa ditempati,karena membeku ditutupi es di mana-mana,maka satu-satunya jalan untuk hidup adalah berada di dalam kereta yang terus melaju tersebut.

Sayangnya di kereta tersebut ada pembagian kasta dan perlakuannya masing-masing gerbong tentu saja berbeda. Pemberontakan dari gerbong paling belakang dan berisi orang-orang tertindas pun terjadi dan dipimpin oleh Curtis (Chris Evan)

Selain Chris Evan ada nama aktris hollywood "Tilda Swinton" yang ikut membintangi film tersebut. Dari Korea Selatan tentu saja sahabat Bong Joon Ho,Song Kang Ho lah yang ikut main.

4. Okja (2017)


Film ini sudah sangat terkenal dan sering dibahas yah,tapi harus diomongin juga di sini. Okja menceritakan tentang hewan yang dihasilkan dari rekayasa genetika sebuah perusahaan di Amerika dan dipelihara oleh berbagai peternak di seluruh dunia untuk dikembangkan.

Okja salah satu hewan yang berhasil dikembangkan dengan baik dan sempurna,dan tentu saja hendak diambil kembali oleh perusahaan.

Tapi anak perempuan penggembalanya yang bernama Mija (An Seo Hyun) yang terlanjur dekat dengan Okja,tak rela binatang kesayangannya tersebut diambil perusahaan.

Petualangan menyelamatkan Okja pun dimulai dengan berbagai adegan yang seru dan haru. Film ini lagi-lagi ikut dibintangi oleh Tilda Swinton.

5. Barking Dogs Never Bite


Untuk film yang terakhir ini tidak saya rekomendasikan untuk kalian yang pecinta anjing,dan merasa terganggu dengan adegan sekecil apapun yang tujuannya melukai anjing.

Meskipun demikian,di awal film memang sudah diterangkan bahwa adegan dalam film ini,khususnya yang melibatkan anjing,di awasi profesional dan tidak ada anjing yang benar-benar terluka.

Film ini lumayan gak jelas kalau di lihat sekilas,tapi kalau terbiasa melihat film Bong Joon Ho mungkin akan sedikit bisa mengerti apa maunya film ini.

Film Barking Dogs Never Bite menceritakan tentang seorang suami bernama Yun Ju (Sung Jae Lee)  yang menganggur dan dapat tawaran untuk mencoba kesempatan menjadi profesor dengan jalan menyogok atasannya.

Istrinya yang bekerja sendiri sedang hamil tua,dan dia merasa kasihan karena dia harus bekerja dengan kondisi seperti itu,tapi dia juga tidak punya uang untuk menyogok agar jadi profesor.

Ia sangat kesal saat di apartemen selalu mendengar suara anjing,maka dia menculik seekor anjing yang dia duga sumber keberisikan dan mengurungnya di lemari sebuah ruangan tak terpakai di apartemen tersebut.

Ternyata dia menculik anjing yang salah,karena anjing tersebut tidak bisa mengonggong,sayangnya anjing tersebut telah di masak oleh petugas keamanan apartemen.

Setelah mengetahui anjing yang sebenarnya berisik,ia pun menculik anjing milik seorang nenek tua,dan ia melemparkan anjing tersebut dari atap apartemen hingga tewas.

Seorang perempuan Park Hyun-Nam (Bae Doona) yang melihat aksinya dari gedung seberang,berusaha menangkapnya,namun ia berhasil lolos.

Sesampainya di rumah,ia dikejutkan dengan seekor anjing yang dibeli istrinya. Ia di suruh merawat anjing tersebut baik-baik,namun anjing itu tiba-tiba hilang saat diajak jalan-jalan olehnya.

Sang istri marah,dan mengatakan kalau anjing itu di beli dengan dana pensiunannya dan sisa uangnya rencana akan diberikan ke suaminya untuk menyogok agar jadi profesor,jadi dia harus menemukan anjing tersebut.

Itulah ke lima film yang seru,agak aneh dan mind blowing karya sutradara Bong Joon-Ho,saya merekomendasikan ke 5 film selain memories of murder dan Parasite yang sudah terlalu sering kita dengar.


Subscribe to receive free email updates: