Daftar 5 Aplikasi Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Daftar 5 Aplikasi Penyebab Baterai Hp Boros

Baterai yang boros pada smartphone kita memang menjadi kendala tersendiri,karena kita jadi repot ketika HP harus dibawa bepergian entah sekolah,traveling maupun bekerja.

Penyebab handphone kita baterainya cepat habis atau boros itu sebenarnya ada beberapa hal. Tentu saja selain karena penggunaan seperti main game,telepon atau berselancar di dunia maya yah.


6 Penyebab Baterai HP/Smartphone Cepat Habis

1. Banyaknya aplikasi yang terinstall 

Terkadang kita terlalu sering mengunduh aplikasi yang bahkan jarang kita gunakan. Padahal banyaknya aplikasi tersebut bukan hanya memakan ruang memori,tapi sedikit banyak membuat baterai smartphone cepat terkuras. Apalagi jika kita sering membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

2. Sinyal Yang Lemah

Ketika koneksi internet kita lemot gara-gara sinyalnya tidak stabil atau lemah,maka smartphone harus bekerja lebih keras untuk mencari sinyal. Hal tersebut juga memicu baterai cepat habis.

3. Banyaknya Notifikasi Yang Dinyalakan.

Agar tetap update,terkadang kita memberikan izin kepada beberapa aplikasi untuk menyalakan notifikasi pada HP kita. Pemberitahuan yang terus menerus apalagi dari banyak aplikasi akan menguras daya baterai kita juga.

4. Usia Baterai

Usia baterai yang sudah tua,mungkin karena HP nya juga sudah jadul,tentu akan berpengaruh pada kinerja baterai HP yang akan semakin melemah juga.

5. Jarang Update Aplikasi

Aplikasi yang terdapat pada smartphone,selalu diupdate secara berkala oleh pengembangnya untuk memperbaiki kekurangan/bug pada sistemnya.

Nah kalau kamu malas mengupdate berbagai aplikasi di HP kamu,maka selain menghambat kinerja aplikasi,hal tersebut juga bisa mengakibatkan prosesor di smartphone bekerja tidak optimal sehingga menguras daya baterai.

6. Banyaknya Izin Yang Dibutuhkan Sebuah Aplikasi,Untuk Mengakses Perangkat Lain Di Hp

Ketika kita mendownload sebuah aplikasi,agar aplikasi bisa kita gunakan,ia butuh mengakses beberapa perangkat di Hp kita seperti kontak,lokasi,kamera dan lain-lain. Semakin banyak izin yang diperlukan,maka aplikasi tersebut semakin membutuhkan daya baterai yang lebih besar juga.

Daftar 5 Aplikasi Yang Membuat Baterai HP Boros Dikarenakan Banyaknya Izin Akses

Dilansir dari kumparan.com inilah ke lima aplikasi yang menjadi biang kerok baterai smartphone,sering berada pada status lowbath

1. Google

Aplikasi Google membutuhkan 72 izin akses agar dapat digunakan dan berjalan  dengan baik di smartphone kita,makanya dia menduduki peringkat teratas dalam hal menguras daya baterai.

2. Facebook

Sebagai aplikasi yang paling punya banyak pengguna di seluruh dunia,aplikasi facebook membutuhkan 50 izin akses di smartphone kita,makanya aplikasi ini juga boros baterai.

3. Messenger

Aplikasi chat satu ini membutuhkan 46 izin akses dan membuatnya duduk di peringkat ke 3 dalam hal membuat baterai HP boros.

4. Whatsapp

Whatsapp menduduki peringkat ke 4 karena membutuhkan sekitar 41 izin akses untuk bisa dipakai pada smartphone kita.

5. Amazon Alexa

Aplikasi ini memang hanya populer di kalangan tertentu,tapi yang jelas aplikasi ini menduduki peringkat 5 dalam membuat smartphone kita cepet lowbath,karena membutuhkan 39 izin akses.

Setelah mengetahui berbagai penyebab baterai handphone cepat habis di atas,semoga kita bisa merenungkan bagaimana cara agar baterai smartphone tidak boros.










Subscribe to receive free email updates: