5 Cara Memperluas Memori Handphone Tanpa Menambahkan Memori Eksternal

5 Cara Memperluas Memori Handphone Tanpa Menambahkan Memori Eksternal

Smartphone atau Hp jaman sekarang memang sudah punya memori yang cukup besar,namun itu ternyata tidak juga cukup untuk memenuhi segala aktivitas penyimpanan yang kita lakukan saat bermain HP.

Dari kegiatan berselancar,foto-foto,bermain game,download aplikasi dan lain-lain semua itu benar-benar menguras memori HP kita. Dan aktivitas membersihkan memori HP pun tak menolong banyak. Lalu bagaimana kiat-kiat agar memori HP kita bisa diperluas?

Cara Memperluas atau Memperbanyak Ruang Memori Tanpa Menambahkan Memori Eksternal:

1. Tidak Mendownload Aplikasi Pembersih Memori Dari Pihak Ketiga

Bersihkan memori HP hanya dengan fitur yang ada di settingan HP Kamu saja,karena aplikasi pembersih lain,hanya akan menambah ruang memori kamu sempit,apalagi notifikasi dari aplikasi pihak ketiga tersebut sangat mengganggu.

2. Bersihkan Secara Menyeluruh

Di dalam settingan smartphone kita fitur bersih-bersih tersebut biasanya ada dibagian "Pemeliharaan Perangkat". Selain membersihkan secara otomatis,coba perhatikan pilihan di bawahnya (Untuk HP jenis Samsung,entah yang lain) . Pada pilihan fitur "memori" klik juga,di sana kamu juga bisa bersihkan memori latar belakang yang tidak penting.

3. Hapus Data Dari Aplikasi

Inilah hal paling penting dan manjur untuk memperluas memori HP Kamu. Tapi cara ini memang harus dengan catatan,kamu ingat gmail/email serta password aplikasi yang akan kamu bersihkan datanya. Karena biasanya setelah dibersihkan kamu harus login ulang.

Caranya klik setting~Aplikasi~pilih aplikasi yang akan dibersihkan~setelah terbuka pilih penyimpanan~hapus data~selesai.
Kamu bisa lihat contoh cara menghapus data aplikasi di postingan saya sebelumnya.

Sebaiknya pilih aplikasi yang sering kamu pakai,atau yang paling banyak menghabiskan memori seperti instagram,youtube,facebook dan whatsapp.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Sering Kamu Pakai

Aplikasi di Smartphone kita yang kebanyakan,selain makan memori juga akan menyedot kuota data kita,apalagi jika smartphone Kamu, tidak memiliki aplikasi penghemat data. Jadi belajar ikhlaskan untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

5. Setting penggunaan fitur auto simpan di instagram dan whatsapp

Bila kita mengunggah video atau foto di instagram dan WA sering ada fitur auto save. Apalagi whatsapp yang membaca file foto atau video saja bisa langsung ke simpan ke galeri kita. Solusinya adalah atur settingannya.

Untuk Whatsapp Caranya:
Setelan~Chat~Visibilitas Media~Geser tombol ke kiri alias matikan.

Untuk kamu yang lebih suka membersihkan langsung di galeri, kamu bisa cari file di galeri untuk instagram dan whatsapp. Dan hapus langsung file foto atau video yang tersimpan tersebut di sana.

Begitulah kira-kira trik yang bisa kita lakukan untuk memperbanyak atau meluaskan memori hp kita. Dan ingat langsung hapus file yang jelas tidak akan kita pakai,agar tidak menumpuk dan membuat kita malas membersihkannya.



Subscribe to receive free email updates: