Sinopsis dan Review Film Korea Emergency Declaration Dibintangi Song Kang-Ho, Lee Byung-Hun dan Kim Nam-Gil

Film Korea bergenre disaster-thriller-terrorist berjudul "Emergency Declaration", premiere di Festival Film Cannes tanggal 15 Juli 2021 lalu. Setelah itu baru tayang di bioskop Korea Selatan 3 Agustus 2022, dan di seluruh bioskop Indonesia,termasuk jaringan 21 cineplex tanggal 16 Agustus 2022 kemarin.

Emergency Declaration ditulis dan disutradarai oleh Han Jae-Rim, dan dibintangi oleh sejumlah aktor senior Korea ternama, seperti Song Kang-Ho, Lee Byung-Hun, Jeon Do-Yeon,Kim Nam-Gil dan aktor yang juga member grub ZE:A, Im Si-Wan. Hadir juga wajah-wajah familiar seperti Kim So-Jin, Park Hae-Joon, juga Hyun Bong-Sik

Song Kang-Ho merupakan aktor pemeran film Parasite yang baru saja memenangkan penghargaan aktor terbaik di Festival Film Cannes 2022 lewat film Broker, yang juga tayang tahun ini.

Lee Byung-Hun  populer lewat sejumlah film ternama seperti I Saw The Devil (2010), Ashfall (2019) dan The Man Standing Next (2020). Drama terkenal yang Ia bintangi adalah Mr. Sunshine (2018) dan ikut hadir juga di Squid Game dan Squid Game 2 (front men).

Kim Nam-Gil dulu sangat populer lewat serial saeguk The Great Queen Of Seonduk (2010). Film-film populer yang Ia bintangi diantaranya The Pirates (2014), One Day (2017), Memoir Of Murderer (2017) dan The Closet (2019). Film barunya yang juga akan segera tayang berjudul  Hunt.


Sinopsis Emergency Declaration

Emergency Declaration adalah situasi dimana pilot pesawat mengumumkan status darurat dan minta putar balik (mendarat darurat) karena situasi buruk yang terjadi di dalam pesawat, entah itu masalah mesin, serangan teroris atau keadaan yang memenuhi unsur emerjensi lainnya.

Untuk kasus pesawat Sky Korea KI501 yang dipiloti oleh Hyun-Soo (Kim Nam-Gil), terpaksa mengumumkan status "Emergency Declaration" karena serangan teroris dengan senjata biologis yang dilakukan oleh seorang pemuda bernama Ryu Jin-Seok (Im Si-Wan).

Sehari sebelumnya, sebuah video misterius diunggah oleh Jin-Seok yang menyatakan keinginannya untuk melakukan serangan teror di sebuah pesawat yang berpenumpang banyak.

Awalnya polisi menganggap video itu hanya candaan. Detektif In-Ho (Song Kang-Ho) memutuskan untuk menyelidiki rumah / apartemen pemuda tersebut, dan menemukan mayat mengerikan. Setelah melakukan otopsi diketahui bahwa mayat tersebut terkena virus misterius yang mematikan.

Sayang pesawat yang ditumpangi sang teroris Jin-Seok sudah lepas landas ke Hawaii dengan jumlah penumpang ratusan karena sedang musim liburan. Sialnya salah satunya adalah istrinya sendiri. Tim Penyelamatan darurat segera dibentuk dipimpin oleh menteri perhubungan Sook Hee (Jeon Do-Yeon)

Aksi terror Jin-Seok telah dimulai. Ia menaburkan virus di toilet dan penyaring udara. Karena pesawat tersebut tipe lama yang menggunakan oksigen daur ulang dari baling-baling udara yang berputar, maka dengan cepat virus tersebut menyerang para penumpang, bahkan sang pilot dan co-pilot, termasuk si teroris itu sendiri.

Salah satu penumpang untungnya adalah seorang mantan pilot bernama Jae-Hyuk (Lee Byung-Hun) yang berniat pindah ke Hawaii demi kesembuhan penyakit eksim putranya Soo-Min (Kim Bo-Min). Soo-Min juga saksi mata di mana Jin-Seok menyembunyikan virusnya.

Dalam situasi darurat dan chaos tersebut pihak Amerika tidak mengijinkan mereka mendarat, bahkan kemudian disusul oleh negara-negara lain.


Review Film Emergency Declaration

Film ini punya plot cerita yag rapat, tidak bertele-tele sehingga ketegangan dan keseruannya tetap terjaga sepanjang film. Nyaris tidak ada hole yang membuat kita kehilangan mood.

Ketegangan para kru pesawat dan penumpang menghadapai teror virus mematikan, dipadukan dengan situasi sama tegang yang dialami di darat dalam upaya menyelamatkan nasib para penumpang pesawat naas tersebut.

Emergency Declaration juga punya sentilan sosial yang sangat menyentuh, di mana sisi perikemanusiaan dan keegoisan kita, memang sangat rapuh, jika dihadapkan pada tragedi atau bencana. Rate Pojok Seru untuk film ini adalah 8/10. 


Subscribe to receive free email updates: