Sinopsis Dan Review Drama Korea Reply 1988,Reply 1997 dan Reply 1994

sinopsis reply 1988

Reply 1988
merupakan serial korea bergenre drama komedi keluarga yang sangat segar,menghibur dan inspiratif. Serial ini tayang pertama kali 6 November 2015 sampai 9 Januari 2016.

Reply 1988 dibuat dalam 20 episode,dengan premis cerita berdasarkan drama korea lawas milik MBC berjudul "Three Families Under One Roof" yang tayang tahun 1986 sampai tahun 1994.

Drama populer yang tak ada habis-habisnya diperbincangkan dan sering jadi trending topic setiap kali mulai dibicarakan netizen lagi ini,sebenarnya bagian dari trilogi Reply series.yang terdiri dari: Reply 1997,Reply 1994 dan tentu saja Reply 1988.

1. Reply 1997 (2012)

sinopsis reply 1997

Serial ini menceritakan tentang kehidupan pelajar sekolah menengah bernama Sung Si Won (Jung Eun Ji) bersama 5 teman sekolahnya. Jung Eun Ji sangat mengidolakan boyband H.O.T

Daftar Cast Reply 1997

a. Jung Eun Ji sebagai Sung Si Won

b. Seo In Guk sebagai Yoon Yoon Je

c. Shin So Yul sebagai Mo Yu Jung

d. Eun Ji won sebagai Do hak Chan

e. Lee Ho Won sebagai Kang Joon Hee

f. Lee Si Un sebagai Bang Sung Jae

Selain mereka berenam ada juga Sung Dong Il dan Lee Il Hwa (bapak ibunya Dok Sun di Reply 1988)  yang bermain sebagai diri mereka sendiri. Aktor Song Jong Ho (pemeran Ryu Jin di serial Was It Love),juga ikut bermain dalam serial ini.

2. Reply 1994 (2013)

sinopsis reply 1994

Reply 1994 ini merupakan drama yang berlatar belakang era dimulainya kepopuleran boyband dan girlband ala korea. Khususnya kemunculan "Seo Taiji and Boys".

Drama ini mengisahkan tentang pasangan suami istri Sung Dong Il dan Lee Il Hwa bersama putrinya Sung Na Jung (Go Ara) yang menjalani hidup dengan menyewakan rumahnya sebagai tempat kost bagi mahasiswa. Tentu saja rumah mereka jadi ramai dan penuh drama.

Daftar Cast Reply 1994:

a. Go Ara (sekarang populer lewat Hospital Playlist) sebagai Sung Na Jung

b. Jung Woo (Sseureki/trash/sampah)

c. Yoo Yeon Seok sebagai Chilbong

d. Kim Sung Kyun sebagai Samchunpo

e. Son Ha Jun sebagai Haetae

f. Sung Dong Il

g. Lee Il Hwa

3. Reply 1988 (Nov 2015-Jan 2016)

Drama Reply 1988,mengisahkan tentang 5 orang sahabat,4 laki-laki dan satu orang perempuan. Mereka berteman akrab karena tinggal bersama di sebuah pemukiman di Seoul yang bernama Ssangmundong.

Cerita flashback masa remaja yang berlatar belakang tahun 1988,diwarnai dengan drama percintaan  yang melibatkan Duk Sun sebagai satu-satunya perempuan,dengan Sun Woo,Taek dan Jung Pal.

Keakraban tak hanya terjadi pada anak-anak remaja Ssangmundong saja,tapi juga pada orang tua mereka,dengan segala konflik rumah tangga masing-masing,yang justru membuat mereka semakin akrab.  

Daftar Cast Reply 1988

a. Lee Hyeri sebagai Duksun

b. Ryu Joon Yeol sebagai Jung Hwan/Jung Pal

c. Park Bo Gum sebagai Taek

d. Ko Gyung Pyo sebagai Sun woo

e. Lee Dong Hwi sebagai Dong Ryong

f. Ryu Hye Young sebagai Sung Bo-Ra

g. Choi Sung Won sebagai Sung No-Eul

Review Serial Reply 1988,Reply 1997 dan Reply 1994

Banyak yang setuju bahwa,Reply 1988 dianggap paling bagus dan paling populer,diantara ketiganya. Disusul selanjutnya Reply 1994 dan baru Reply 1997. Ini penilaian yang dilihat secara umum,meski tentu banyak yang mengamininya.

Meski kisah tiga drama ini,ceritanya tidak terlalu berkaitan,namun ada benang merah dari kisah mereka,yakni soal persahabatan remaja dan kisah keluarga yang tinggal dalam lingkungan yang sama. Nilai moral yang ingin disampaikan pun hampir sama.

Yang unik dari ketiga series ini adalah kehadiran para pemain drama sebelumnya yang jadi cameo atau bahkan kembali membintangi Reply seri selanjutnya.

Kenapa Reply 1988 dianggap paling populer dan timeless? 

Selain karena faktor hadir paling belakangan,kisah yang dibangun tentang 4 keluarga yang tinggal di pemukiman yang sama era 1980-an ini,juga sangat kuat dan autentik jadulnya. Mulai dari kostum sampai settingnya.

Hampir semua karakter yang hadir dalam serial ini,juga sulit dilupakan,sangking iconic dan uniknya mereka. Kekurangan drama ini menurut saya adalah,endingnya yang mengejutkan dan banyak membuat netizen kecewa.

Tapi,mungkin justru itulah salah satu alasan,yang membuat "Reply 1988" menjadi timeless,karena mereka hampir tidak percaya dan sulit move on karena Jung Pal dan Duk Sun akhirnya tidak bersama. 

Meski akhirnya,kedua pemerannya (Hyeri dan Ryu Joon Ryeol) pacaran betulan,dan kabarnya awet sampai sekarang. Begitu pula persahabatan para pemainnya,yang berlanjut hingga kini,bahkan sering terlihat bersama kembali di layar kaca.

Yang unik dari ketiga series ini adalah kehadiran para pemain drama sebelumnya yang jadi cameo atau bahkan kembali membintangi Reply seri selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates: