5 Alasan Kenapa Sky Castle Pantas Sukses dan Meraih Rating Tertinggi

Cerita serial drama televisi tentang ibu-ibu komplek elit ala Korea Selatan "Sky Castle" memang telah berlalu. Namun rasanya membicarakan kesuksesan tak terduga drama keluarga ini selalu menarik. Drama yang tayang mulai 1 Desember 2018 lalu itu berjumlah 20 episode dan tayang di stasiun televisi JTBC.

Sky Castle dengan para pemain tak populer harus bersaing ketat dengan drama yang dibintangi aktor akrtis kenamaan Korea seperti Memories Of The Alhambra dan Encounter yang tayang dibulan yang sama,namun serunya tetap sukses dipasaran.

Drama yang bertema parenting dengan mengangkat sisi gelap dunia pendidikan Korea Selatan,dengan bumbu dark comedy dan satire ini,awal tayangnya hanya mampu meraih rating sebanyak 1,7%,namun pada episode akhir mampu menyentuh rating tertinggi sebesar 23,78% mengalahkan rating drama sekelas Goblin dan Reply 1988.

Alasan Kenapa Drama Sky Castle Layak Dicintai Dan Sukses Ala Pojok Seru;

1. Mengangkat keresahan banyak orang dengan kemasan yang menarik

Sky Castle menceritakan tentang keluarga di komplek pendidikan elite yang berisi orang-orang berpendidikan dan sukses didunia kerja yang terobsesi menyekolahkan anak-anaknya di perguruan tinggi ternama. SKY dalam Sky Castle merupakan akronim dari 3 perguruan tinggi ternama Korea Selatan yakni Seoul National University,Korea University dan Yonsei University.

Untuk mencapai tujuannya ini para orang tua terutama ibu-ibu komplek SKY Castle mencoba berbagai cara agar anaknya memperoleh nilai sempurna dalam ujian,salah satunya dengan menyewa tutor les pribadi yang dibayar sangat mahal.

Mereka tidak menyadari bahwa tekanan dan standar yang mereka berikan kepada anak-anaknya dalam pendidikan bisa membawa bencana bagi anak bahkan keluarga mereka. Bukankah cerita semacam ini familiar bagi dunia pendidikan kita juga,bagaimana orang tua memaksakan cita-cita mereka kepada anaknya demi gengsi mereka sendiri,tanpa peduli beban yang harus dipikul anaknya yang masih muda.

2.  Bumbu Komedi Satire dan Dark Comedy

Drama keluarga SKY Castle dibumbui komedi satire bahkan dark comedy disana-sini. Ambil contoh ketika Yeh Bin membantah ibunya dengan ucapan "Untuk apa aku belajar. Aku bisa mendapatkan nilai bagus dengan contekan soal ujian."

Yeh Bin berkata seperti itu karena tahu tutor kakaknya Yeh Suh (Ye Seo) mencuri soal ujian sekolah untuk memberikan bocoran soal ujian. Bukankah ini juga familiar dengan rumor dunia pendidikan dan les privat disekitar kita.

3.  Cocok Ditonton Ibu-ibu Dan Anak-anak Sekaligus

Meski keseluruhan ceritanya memang mengedepankan cerita paranting anak soal dunia pendidikan,namun cerita SKY Castle juga bisa jadi bahan renungan anak-anak sekolah. Bahwa seorang ibu dan orang tua seberapapun menyebalkannya ketika memaksa belajar anak-anaknya,dia benar-benar tidak bermaksud membenci anaknya.

Para pelajar juga bisa belajar bagaimana caranya belajar sekaligus bersosialisasi di dunia sekolah. Bagaimana mencapai target nilai dengan baik tanpa mengesampingkan bermain dengan teman-temannya. Para orangtua bisa belajar caranya mengasuh anak yang benar tanpa memaksakan egonya terhadap anak.

4. Karakter dan Konflik Keluarga Yang Diciptakan SKY Castle Membuat Kita Tidak Memihak dan Hanya Menikmati  Menonton Saja.

Biasanya dalam sebuah drama jelas terlihat mana yang antagonis mana yang protagonis. Mari kita pahami SKY Castle yang bercerita tentang konflik 4 keluarga yakni

   a. Keluarga ibu Han Seo Jin Dan Dokter Kang Joon Sang

Ibu yang paling ambisius karena memiliki putri Kang Yeh Suh yang pintar dan ambisius juga. Han Seo Jin merupakan seorang ibu yang ambisius dan sok elegan,namun masa lalunya yang disembunyikannya mengungkapkan,dia hanyalah seorang anak dari pemabuk dan penjual darah sapi di pasar.

   b. Keluarga Ibu No Seung Hye dan Prof Cha Min Hyuk

Keluarga ini punya 3 orang anak. Profesor Cha yang sangat keras mendidik si kembar punya putri sulung kebanggaan bernama Cha Se Ri yang selalu dibanggakan dan disombongkan Prof Cha karena berhasil kuliah di Harvard. Ternyata Cha Se Ri membohonginya karena dia tidak pernah menjadi mahasisiwi Harvard di Amerika Serikat.

  c. Keluarga Ibu Jinjin dan Dokter Woo Yang Woo

Ibu Jinjin yang bawel dan penggosip ini punya anak yang bernama Woo So Haan yang tak pernah tertarik untuk belajar. Ibu biang gosip yang kocak ini emang kadang-kadang keterlaluan dan ember.

 d. Keluarga Lee So Im Dan Dokter Hwang Chi Young

Satu-satunya keluarga harmonis dan idealis di SKY Castle ini punya anak pintar Hwang Woo Joo. Lee So Im bersih keras menulis novel tentang tragedi ibu bunuh diri karena anaknya menaruh dendam gara-gara terus dipaksa belajar dirumah yang ia tempati sekarang. Karena keras kepalanya itu,dia justru mencelakai anaknya sendiri,hingga dipenjara karena tuduhan pembunuhan.

Bahkan kehadiran anak diluar nikah dokter Kang Joon Sang yang pintar bernama Kim Hye Na yang telah menjalani kehidupan penuh derita bersama ibunya itu,bisa membuat kita kesal karena keinginannya menghancurkan saudara tirinya Kang Yeo Seo (Yeh Suh).

Pokoknya semua karakter keluarga di SKY Castle dibangun punya sisi gelap dan baik masing-masing. Pada episode 17,18,19 dan 20 merupakan puncak dari terkuaknya sisi masing-masing karakter,sangat seru dan emosional.

5. OST Yang Menarik Dan Pas

Sering kali terjadi pada serial drama korea memang,yakni menghadirkan sound track yang bukan saja bagus tapi juga ikut membangun cerita pada drama dengan memberi sentuhan emosional yang sesuai adegan yang berlangsung.

OST SKY Castle berjudul "We All Lie" ini juga punya peran yang krusial .Setiap kali lagu "We All Lie" muncul pasti terjadi konflik atau terkuaknya rahasia baru. We All Lie memberi penekanan bahwa kita semua punya masa lalu dan sisi gelap yang kita tutup-tutupi bahkan dengan membangun sebuah kebohongan yang dahsyat.




Subscribe to receive free email updates: