Film Anak Yang Mengajarkan Tentang Kasih Sayang Dan Perjuangan Hidup Kakak Beradik

Film merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Film yang ditulis dengan skenario yang baik dan akting yang bagus akan menghasilkan film berkualitas sarat pesan moral yang layak ditonton sebagai media refleksi diri.

Dan kali ini, Pojok Seru akan merekomendasikan film yang bertema keluarga,persaudaraan,kasih sayang dan perjuangan hidup dua bersaudara. Film-film ini dijamin bagus,mengharukan dan sarat pesan yang menyentuh.

Film yang membahas kehidupan kakak beradik memang banyak,tapi yang khusus menceritakan persaudaraan sepasang kakak beradik yang masih kecil alias anak-anak,baru beberapa yang admin temui. Dari beberapa film tersebut memang kebanyakan mengisahkan tidak hanya kasih sayang diantara saudara tapi juga perjuangan melawan kemiskinan dan penyakit.

4 Film Anak Bertema Persaudaraan Dan Perjuangan Hidup Melawan Kemiskinan

1. Hearty Paws

Film Anak Yang  Mengajarkan Tentang Kasih Sayang Dan Perjuangan Hidup Kakak Beradik

Hearty Paws (Maeuma) merupakan film korea yang sangat mengharukan dan ceritanya mirip legenda Hachiko. Bedanya Maeuma ini adalah anjing curian yang di ambil sang kakak sebagai hadiah ulang tahun adiknya. Dia ingin menghibur adiknya karena mereka hanya hidup berdua terlunta-lunta dan miskin karena ditinggal orang tuanya.

Disebuah adegan sang adik yang belum sekolah ini meminta es krim kepada kakaknya yang sudah bersekolah. Karena tak punya uang sang kakak membelikan es krim adiknya dengan uang ongkos naik busnya. Karena pulangnya harus berjalan kaki es krim tersebut cair dan adiknya menangis  sejadi-jadinya,namun sang anjing yang merebut dan memakan es krim tersebut membuat mereka tertawa kembali. Film ini dibintangi oleh Kim Hyang Gi dan Yo Seung Ho ketika mereka masih kecil

2. Grave Of The Fireflies

Film Anak Yang  Mengajarkan Tentang Kasih Sayang Dan Perjuangan Hidup Kakak Beradik

Grave Of The Fireflies merupakan film animasi Jepang yang berlatar belakang perang dunia 2 yang menyebabkan Jepang menyerah kalah. Dua kakak beradik terlunta-lunta setelah kehilangan ibunya yang tewas terkena bom,sedangkan ayahnya seorang marinir tidak jelas nasibnya.

Mereka awalnya mencoba hidup menumpang di salah satu kerabatnya,tapi mendapat perlakuan tidak baik,sehingga mereka memutuskan hidup di semacam gorong-gorong sebagai perlindungan dari ancaman bom. 

Adiknya akhirnya busung lapar dan punya penyakit kulit parah sehingga setiap kali ada peringatan bom dan penduduk lari mengungsi,sang kakak justru menerobos bahaya menjarah kebun dan rumah warga.Sampai akhirnya dia ketahuan dipukuli dan dilaporkan ke polisi.

3. Children Of Heaven

Film Anak Yang  Mengajarkan Tentang Kasih Sayang Dan Perjuangan Hidup Kakak Beradik

Film anak asal Iran ini memang sangat populer dan sudah banyak yang menonton. Menceritakan tentang kakak beradik miskin yang berjuang ke sekolah dengan sepatu. Sang adik perempuan bernama Zahra kehilangan sepatu berwarna pink miliknya.

Ia terpaksa ke sekolah dengan bergantian sepatu dengan kakak laki-lakinya Ali. Dengan segala permasalahan pelik yang menimpa mereka gara-gara ganti-gantian sepatu ini,Ali pun bertekad mendapatkan sepatu baru untuk adiknya dengan mengikuti lomba lari dimana pemenang hadiah ke 2 nya adalah sepatu.

4. Hello Brother

Film Anak Yang  Mengajarkan Tentang Kasih Sayang Dan Perjuangan Hidup Kakak Beradik

Satu lagi film anak Korea yang masuk list,Hello Brother yang tayang tahun 2005. Dua kakak beradik Han Yi dan Han Byul menjalani kehidupan wajar layaknya anak seusia mereka. Sampai sang kakak Hanbyul didiagnosa terkena tumor otak.

Tentu saja seluruh perhatian orang tua banyak tercurah pada Han Byul,yang membuat Han Yi sang adik iri dan kesal. Namun setelah tahu penyakit mematikan yang sedang menyerang kakaknya Hanni pun pelan-pelan mengerti.

Itulah beberapa film anak bertema persudaraan dan kasih sayang antar adik kakak,yang bisa jadi rekomendasi tontonan bersama keluarga. Selain bisa merekatkan tali persaudaraan,film ini juga baik untuk bahan pembelajaran anak-anak di rumah.
Selamat menonton rekomendasi film-film seru ala Pojok Seru :)

Subscribe to receive free email updates: