Pengertian Startup,Valuasi,Unicorn,Decacorn Dan Hectocorn

Debat Pilpres Edisi Kedua tanggal 17 Februari semalam,menyisakan riuh yang berdasarkan perkataan Capres Prabowo Subianto ketika ada sesi pertanyaan dari Capres petahana Joko Widodo,tentang infrastruktur untuk menunjang perkembangan startup unicorn di Indonesia.

Pengertian Startup,Valuasi,Unicorn,Dekacorn Dan Hekocorn

Capres Prabowo terlihat kurang paham,dan melemparkan pertanyaan balik"Unicorn? Unicorn yang online online itu yah?" Tentu saja pernyataan tersebut membuat riuh netizen dan mereka pun berlomba-lomba membuat jokes dan meme tentang unicorn yang tentu saja jauh dari jawaban sebenarnya.

Saya kira sebenarnya banyak yang belum memahami industri startup dan beberapa istilah yang ada didalamnya. Meski kita akrab dengan tekhnologi,smartphone dan menggunakan aplikasi bisnis startup setiap hari,nyatanya banyak yang kurang paham dengan industri berbasis startup ini.

Pengertian Startup

Startup merupakan istilah untuk perusahaan rintisan alias yang baru berdiri beberapa tahun dan masih dalam tahap pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.
Karenanya perusahaan berbasis startup masih mengandalkan suntikan dana dari pemodal alias pebisnis yang lebih besar,yang jelas nantinya akan berpengaruh terhadap nilai valuasi perusahaan startup tersebut.

Pengertian Valuasi

Valuasi adalah nilai sebuah perusahaan startup. Nilai Valuasi suatu perusahaan startup biasanya berdasarkan persetujuan founder atau pendiri perusahaan start up dengan pemilik modal atau investor. Namun demikian ada beberapa hal yang mempengaruhi nilai valuasi sebuah startup,dari proyeksi keuangan sampai nilai yang ditentukan pasar.

Pengertian Perusahaan Startup Unicorn

Unicorn merupakan gelar yang diberikan kepada sebuah perusahaan startup yang punya nilai valuasi lebih dari 1 milyar dolar atau lebih dari 14,1 triliun rupiah. Perusahaan Startup asal Indonesia yang memiliki gelar unicorn untuk saat ini adalah Tokopedia,Traveloka,Gojek dan Bukalapak.


Pengertian Decacorn 

Selain unicorn,gelar startup yang lain adalah Dekacorn. Decacorn merupakan gelar untuk startup yang mempunyai nilai valuasi sebesar 10 milyar dolar lebih. Di Indonesia kabarnya,Gojek lah yang akan segera mendapatkan gelar ini.

Pengertian Hectocorn

Hectocorn adalah gelar untuk perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari 100 milyar dolar lebih.

Itulah beberapa istilah dalam dunia bisnis startup yang perlu kita ketahui. Perusahaan startup yang akrab dengan aplikasi yang biasa kita pakai sehari-hari,memang saat ini sedang gencar-gencarnya berkembang dan mendapat dukungan dari pemerintah.

Terlebih saat ini Indonesia memimpin dengan memiliki perusahaan startup unicorn terbanyak di kawasan Asia Tenggara. Empat dari 7 startup unicorn yang beredar di Asia Tenggara ada di Indonesia,yakni Traveloka,Tokopedia,Gojek dan Bukalapak.

Dengan keberadaan tekhnologi berbentuk smartphone kedepannya pasti banyak perusahaan startup bergelar unicorn maupun diatasnya yang akan tumbuh di Indonesia,guna memudahkan kehidupan sehari-hari kita.

Subscribe to receive free email updates: