Rekomendasi 7 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Dulu film india selalu identik dengan drama cerita cinta dan tari-tarian. Bagi yang tidak begitu suka genre tersebut tentu membuat kita malas menonton film bollywood. Ditambah durasi tayang yang biasanya lumayan lama yakni rata-rata mencapai 3 jam an,hal itu membuat sebagian orang merasa jengah.

Industri film India yang identik dengan bollywood memang punya ciri khasnya tersendiri,yakni mengangkat budaya India dalam setiap film-filmnya. Mulai dari lagu,tari-tarian,musik dan kostum yang dipakai hampir tak pernah lepas dari film yang diproduksi oleh mereka.

Namun beberapa dekade terakhir,film India tak lagi bisa diremehkan. Banyak sekali film-film India berkualitas yang mengangkat budaya lokal sekaligus bercerita tentang tema-tema yang lebih unik dan komplek. Dan beberapa film berikut ini menjadi sangat sukses dan terkenal tak hanya di India,tapi juga di seluruh dunia.

Daftar Film India Terbaik Sepanjang Masa Dan Wajib Kamu Tonton

1. Slumdug Millioner (2008)

Rekomendasi 7 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Slumdug  Millioner merupakan film India yang menceritakan tentang seorang remaja bernama "Jamal Malik" (Dev Pathel) yang hidup di daerah kumuh di Mumbai,India,tapi berhasil lolos dan sedikit lagi menjadi miliuner di acara kuis "Who Wants To Be A Millioner" versi India.

Dia bahkan harus berhadapan dengan pihak kepolisian yang menuduhnya curang,karena dari pendidikan dan penampilannya sungguh tidak masuk akal dia bisa menjawab semua pertanyaan kuis dengan mudah.

Slumdug Millioner mendapat ratusan penghargaan kelas dunia,termasuk 8 piala oscar dan empat piala Golden Globes. Film yang disutradarai oleh Danny Boyle ini pernah jadi kontroversi karena dikabarkan para pemainnya tak mendapatkan bayaran yang pantas,tak sebesar kesuksesan filmnya.

2. Three Idiots (2009)

Rekomendasi 7 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Film yang dirilis akhir tahun 2009 ini juga sangat terkenal di Indonesia. Film ini menceritakan tentang 3 orang mahasiswa teknik mesin bernama Rancho (Aamir Khan),Farhan (R.Madhavan)dan Raju (Sharman Joshi).

Saat mereka mahasiswa dan menghadapi suka duka dunia perkuliahaan,mereka berjanji untuk bertemu kembali 10 tahun mendatang untuk melihat siapa yang paling sukses.

Namun di hari dan tanggal yang ditentukan "Rancho" tak datang,sehingga Farhan dan Raju berpetualang mencari Rancho sembari mengenang masa-masa kuliah 3 mahasiswa yang dijuluki idiot ini.

4. PK (2015)

Rekomendasi 7 Film India Terbaik Sepanjang Masa

PK adalah film yang mengajarkan toleransi antar umat beragama,dibalut dengan kekonyolan tingkat dewa yang akan membuat kamu tertawa sampai menangis. Film ini menceritakan tentang PK (Aamir Khan) makhluk alien yang diutus ke bumi.

Baru saja mendarat di bumi,kalung bandul remote controllnya dijambret orang. Dari peristiwa inilah ia berpetualang mencari Tuhan untuk memohon pertolongan agar ia bisa menemukan remote controlnya agar bisa kembali ke planetnya.

Dan ia pun menjadi umat dari berbagai agama yang ada di bumi,lalu menemukan bahwa ada yang salah dengan cara mereka mengenali Tuhan. Pokoknya film pk ini super keren dan lucu.

5. Taare Zameen Paar

Rekomendasi 7 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Seorang anak bernama Ihsaan (Darsheel Shafari) sangat sulit berkonsentrasi  dan menjadikannya tidak bisa menerima pelajaran apapun.  Semua guru dan orangtuanya putus asa mengajari dia,karena sudah kelas 3 SD tapi tidak bisa baca dan tulis.

Ihsaan merasa kalau huruf-huruf yang ia baca menari,ia pun menjadi cemoohan dan selalu membuat kesal guru dan orangtuanya. Ihsaan kemudian dipindahkan ke asrama dengan berat hati,ia pun bertambah sedih dan meredup.

Beruntung seorang guru bernama Ram Shankar (Aamir Khan) menyadari bahwa Ihsaan termasuk anak berkebutuhan khusus dan harus diajari dengan teknik khusus pula. Ihsaan juga sangat pandai melukis. Film ini bagus banget dan sangat mengharukan sekali.

6. Dangal (2016)

Rekomendasi 7 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Film ini berdasarkan kisah nyata kehidupan seorang ayah mantan pegulat nasional bernama Mahavir Singh Pogat diperankan oleh  Aamir Khan,yang sangat ingin punya anak laki-laki guna meneruskan cita-citanya membawa medali emas di kejuaraan internasional.

Sayangnya empat anak yang dilahirkan oleh istrinya berjenis kelamin perempuan semua. Ia pun putus asa dan mencoba mengubur impiannya. Namun harapan itu kembali datang ketika kedua anak perempuannya Geeta dan Babita dilaporkan tetangga karena menghajar anak laki-lakinya.

Mahavir pun mulai  berpikir bahwa anak perempuannya bisa ia latih jadi pegulat meski ditantang oleh istrinya. Geeta dan Babita kemudian menjalani pelatihan keras dan dicukur habis rambutnya. Meski awalnya mereka sangat membenci apa yang dilakukan ayahnya,mereka pun perlahan-lahan menyukai dan menekuni gulat.

Film ini super keren juga,karena mengajarkan tentang cinta kasih ayah dan ibu,juga perjuangan tanpa lelah meraih mimpi. Sedih,haru dan keren sekali  film India satu ini.

7. Hotel Mumbai  (2018)


Film yang baru saja tayang ini memang salah satu film favorit saya. Sebenarnya film ini ada sejak tahun 2018,namun baru  tayang seluruh dunia belakangan ini. Film ini menceritakan tentang kisah nyata serangan teroris paling kelam di India.

Selain menyasar stasiun kereta dan tempat umum,para teroris ini juga menyerang hotel paling mewah dan besar di Mumbai bernama Taj Hotel Mumbai. Mereka menembaki dengan brutal para tamu dan staff hotel.

Para staff hotel bahu membahu menyelamatkan dan menyembunyikan para tamu dari ancaman teroris. Arjun (Dev Pathel) dan ketua koki Chef Oberai lah yang paling berperan menyelamatkan mereka.

Film Hotel Mumbai menyajikan ketegangan,kepanikan,keharuan dan keseruan yang tanpa henti. Sebagian adegan dan dialog dalam film ini ada yang merupakan dokumen asli kejadian teror bom sebenarnya tahun 2009 yang pernah terekam.


Subscribe to receive free email updates: