Sinopsis dan Review Ending Drama Start Up Episode 16

Sinopsis dan Review Ending Drama Start Up Episode 16
foto; koleksi tvn drama

Serial Start Up yang menceritakan jatuh bangunnya anak-anak muda,meraih kesusksesan dalam mendirikan perusahaan rintisan,berakhir dengan happy ending di episode yang ke 16, Minggu 6 Desember 2020 semalam.

Tim Nam Dosan dan Tim Han Ji Pyeong diharapkan untuk bisa segera melakukan rekonsiliasi,karena perdebatan mengenai idola mereka,sudah sangat tidak sehat. Terutama tim second lead syndrome yang maaf saya bilang,beberapa oknumnya agak bar-bar.

Sinopsis Ending Start-Up Episode 16

Dikisahkan sebelumnya,Sang Su,CEO Morning Group bersama ayahnya berusaha untuk mengerjai "Cheongmyeong Company" dengan mengirimkan reporter jahat ke kantor mereka.

Han Ji Pyeong (Kim Seon-ho) segera berlari begitu mendapat kabar tersebut. Di depan kantor Cheongmyeong,Won In Jae (Kang Han-na) menghentikan langkahnya.

Ternyata Seo Dal Mi (Bae Suzy),Nam Dosan (Nam Joo Hyuk) dan teman-temannya,sudah tahu dan mempersiapkan tak tik jitu untuk menghadapi reporter tersebut. 

Sebenarnya mereka sudah mengungkap perilaku jahat si kembar,Shin Hyeon dan Shin Jeong yang merupakan dalang dari peretasan yang terjadi di Cheongmyeong Company waktu itu.

Nenek Dalmi resmi membuka restoran Corn Dog,Dalmi Dan Dosan mengunjunginya,halmoni pun bahagia. Setelahnya Ia mengunjungi Han Ji Pyeong di apartemennya dan diwarnai dengan derai air mata.

Singkat cerita Cheongmyeong Company memberanikan diri ikut tender,meski sebenarnya mereka tidak yakin dan saling melempar taruhan,apabila mereka lolos. 

Nam Do-san bertaruh akan melamar Seo Dal mi,dan Jung Saha (Stephanie Lee) bertaruh akan mengumumkan hubungannya dengan Lee Chul San (Yoo Su-bin). Dan akhirnya mereka lolos putaran pertama.

Mereka merayakan dengan banyak kue,dan diwarnai dengan drama perebutan kue antara Lee Chul san dan Nam Do-san. Dalmi dan Saha pun ikut mewarnai pertengkaran mereka.

Saat di kantor Sand Box,Seo Dal Mi berpapasan dengan Han Ji Pyeong di lift, dan mereka pun memutuskan untuk berbicara berdua. Keduanya saling berterimakasih karena sudah saling menghibur dengan berkirim surat di masa lampau.

Seo Dal Mi mengungkapkan rencananya untuk mengembangkan perusahaan dengan menerima investasi dari luar,namun Won In Jae tidak menyetujuinya.

Won In Jae akhirnya mendapatkan keputusan dari pengadilan dan kembali ke marga Seo. Ia pun menemui neneknya dengan berurai air mata. Rekonsiliasi keluarga Seo pun berhasil dengan sukses. 

Won In Jae menyetujui ide Seo Dal Mi membuka keran investasi. Ia memberitahu ibu Yoon dan beliau malah ingin berinvestasi langsung. Masalahnya dia menunjuk Han Ji Pyeong untuk mengurus semuanya.

Han Ji Pyeong yang semula keberatan,akhirnya menemui Nam Do-san. Mereka berbicara dari hati ke hati dan akhirnya berhasil mencapai kesepakatan bersama, untuk menerima investasi tersebut. 

Nam Dosan dan Seo Dalmi pergi ke gereja untuk mendoakan segala kesuksesan mereka,baik dalam tender maupun investasi. Dosan yang atheis dan tak percaya takhayul pun,tetap mengikuti apa yang dilakukan Dalmi.

Di Masa 2020,terlihat penampakan meja kantor Seo Dal Mi yang dipenuhi foto perjalanan bisnis mereka,dan juga foto pernikahannya dengan Dosan. 

Cheongmyeong Company sudah berhasil menjadi Start Up Unicorn seperti impian mereka. Dosan,Dalmi,Han Ji Pyeong dan Kang Han-na tampak berjalan bersama dengan bahagia untuk menghadiri rapat pemegang saham.

Review Ending Drama Start-Up Episode 16

Drama ini masuk daftar salah satu drama terbaik tahun ini. Visualisasi dan ceritanya nyaris sempurna,meski di akhir-akhir agak melemah karena sebenarnya bisa saja ceritanya diakhiri di episode sebelumnya,karena toh kita sudah tahu gambaran endingnya.

Saya juga setuju dengan kebanyakan orang yang menilai,karakter Won In Jae yang sebenarnya karakter utama,tampak terlalu sedikit porsinya,bahkan peran Jung Saha,seperti dibuat lebih menarik perhatian dari major role tersebut.

Menurut saya,penulis drama Start Up yakni Park Hye Ryun sudah berusaha semampunya untuk membuat ending drama ini menjadi penyembuhan buat semua karakter.

Rekonsiliasi antara Nam Dosan,Han Jipyeong dan Seo Dalmi dilakukan sebaik mungkin,demikian juga dengan keluarga Seo. Seharusnya pesan ini bisa dibaca oleh Tim Han Ji Pyeong dan Tim Nam Dosan.

Yang terakhir dan lebih penting adalah,drama ini memberi banyak ilmu berharga bagi anak-anak muda yang tertarik merintis perusahaan Start Up,seharusnya point ini lebih bisa dipahami penonton dari sekedar meributkan cinta segitiga Dosan-Dalmi dan Ji Pyeong.




Subscribe to receive free email updates: