Pengertian,Sejarah Dan Perbedaan Film DCEU Dan MCU

Pengertian,Sejarah Dan Perbedaan Film DCEU Dan MCU

Akhir-akhir ini para penikmat film superhero pasti akrab dengan istilah DCEU  dan MCU. Banyak yang mengerti istilah ini,namun banyak juga yang bingung dari mana asalnya istilah-istilah dunia perfilman superhero tersebut.

Pengertian DCEU dan MCU

DCEU merupakan kepanjangan dari DC Extended Universe,yang artinya film-film gabungan superhero dari studio  DC Comic. Contoh superheronya Superman,Batman,Wonder Woman,Flash,Cyborg,Green Lantern dan  Aquaman.

MCU atau Marvel  Cinematic Universe merupakan proyek film gabungan superhero asal "Marvel Studios" Contoh superheronya: Iron Man,Captain America,Hulk,Dr.Strange,Thor,Black Panther,Spiderman,Vision,Ant Man,Captain Marvel dan banyak lagi.

Sejarah DCEU Dan MCU

DCEU ini dibuat setelah proyek MCU sukses,tujuannya untuk menyaingi tentunya. Mereka memulai proyeknya saat mendaur ulang film Superman:Man Of Steel pada tahun 2013,film selanjutnya adalah Batman Vs Superman Dawn Of Justice di tahun 2016.

MCU memulai proyek pertamanya pada tahun 2008 dengan meluncurkan Film Iron Man. Setelah itu diikuti dengan film The Incredible Hulk (2008),Iron Man 2 (2010) dan banyak lagi sampai akhirnya mereka tergabung dalam the Avengers

Perbedaan DCEU Dan MCU

Perbedaan kedua gabungan film superhero dan para musuhnya ini adalah;

1. Tahun Berdirinya

MCU dibuat lebih awal alias lebih dulu berdiri yakni tahun 2008,sedangkan DCEU adalah proyek yang digarap belakangan yakni mulai 2013.

2. Studio Pembuatnya

Sudah jelas yah DCEU adalah proyek film gabungan dari DC Comic dan Warner Bross,sedangkan MCU merupakan proyek film gabungan superhero milik "Marvel Studios".

3. Cara Perilisannya

Film-film superhero MCU biasanya dirilis secara solo dulu secara bertahap baru kemudian bergabung dalam satu film. Misalnya film Thor (2013),Iron Man 3 (2013),Captain America Winter Soldier (2014) yang kemudian bertemu di film Avengers Of Ultron (2015)

DCEU melakukan sebaliknya,yakni film gabungannya dulu,baru film solo superhero atau superviliannya. Liat saja film Batman Vs Superman (2016),Scuide Squad (2016),Justice League (2017),lalu baru hadir film Wonder Woman (2017),The Flash (2018),Aquaman (2018) dan yang akan datang Joker (2019).

Itulah kira-kira pengertian,sejarah dan perbedaan film-film superhero dan supervilian ala DCEU dan MCU. Semoga tidak membuatmu tambah bingung dan mudah dicerna penjelasannya. Soal seruan yang mana antara DCEU dan MCU,yah semuanya seru untuk diikuti,dan punya keunggulan masing-masing.

Subscribe to receive free email updates: