Alasan Kenapa Film Blockbuster Seperti Endgame Tayang Lebih Cepat Di Indonesia Daripada Amerika Serikat

Film MCU paling dinanti bulan ini Avengers Endgame memang tak pernah sepi dari pemberitaan. Dalam trailer resmi Endgame yang di rilis beberapa waktu lalu,diselipkan informasi jadwal tayangnya tanggal 26 April 2019.

Dari berita terbarunya,jadwal tayang "Avengers Endgame" di sejumlah negara,termasuk Indonesia di majukan,yakni tanggal 24 April 2019. Namun tidak semua negara mendapat jadwal tayang Endgame lebih awal,ada yang tanggal 25 April dan sesuai trailernya 26 April.

Negara-negara dengan jadwal tayang Endgame jatuh pada 24 April diantaranya : 

1. Arab (UAE)
2. Austria
3. Australia
4. China
5. Jerman
6. Denmark
7. Finlandia
8. Perancis
9. Mesir
10. Hongkong
11. Indonesia
12. Italia
13. Malaysia
14. Belanda
15. Norwegia
16. New Zealand
17. Filipina
18. Singapura
19. Taiwan

Negara-negara sisanya yang mendapatkan jadwal tanggal 25 dan 26 April,bisa kamu lihat di laman imdb.com. Amerika serikat termasuk yang dapat jadwal  tayang tanggal 26 April,sedangkan Lebanon jadi satu-satunya negara dengan jadwal rilis Endgame paling buncit yakni tanggal 3 Mei 2019.

Alasan Kenapa Amerika Serikat Justru Sering Dapat Jadwal Rilis Film Blockbuster Belakangan Seperti Film Endgame Ini;

Film-film blockbuster seperti film-film Marvel,akhir-akhir ini memang selalu tayang lebih awal di luar negeri daripada negara asalnya Amerika Serikat. Sebut saja film Captain Marvel,film ini di Indonesia sudah bisa disaksikan sejak 6 Maret 2019,tapi di Amerika,baru bisa disaksikan tanggal 8 Maret,hal ini ternyata termasuk strategi pasar.

1. Dengan menayangkan film di negara-negara berpenduduk banyak terlebih dahulu seperti Indonesia,maka resiko kerugian apabila film itu kurang sukses,bisa ditekan.

2. Tayang terlebih dahulu di negara berpopulasi besar,akan membantu kepopuleran film tersebut lebih cepat,sehingga bisa "memprovokasi" penonton di negara lain yang lebih selektif dan berpenduduk sedikit untuk menontonnya juga.

3. Memungkinkan adanya koreksi apabila ada kesalahan atau reaksi yang tidak diinginkan,jika ditayangkan di luar negeri terlebih dahulu.

4. Meminimalisir adanya pembajakan film

Di negara-negara berkembang seperti Indonesia,pembajakan masih marak terjadi. Logikanya jika film tersebut tayang terlebih dahulu di negara maju dan taat hukum,maka orang-orang di negara toleran pembajakan seperti di negeri ini,akan cepat dapat akses film bajakan,sehingga bisa mengurangi jumlah penonton bioskop.

Satu-satunya negara Asia yang sering dapat jadwal rilis film Hollywood belakangan adalah Jepang,karena warganya sangat taat hukum dan peduli akan hak cipta. Ternyata jadi masyarakat di negara dengan populasi besar seperti Indonesia banyak untungnya ya,meski bagian 'pembajakan film" agak memalukan sih.


Subscribe to receive free email updates: